Wednesday, March 04, 2015

Snapdragon Prosesor Andalan Smartphone


Pernah ngga sih kalau kita mau membeli smartphone, menanyakan prosesornya apa?

Sama dengan kita mau membeli komputer, hal pertama yang perlu diketahui adalah prosesornya apa. Prosesor itu ibaratnya adalah jantung dalam komputer tersebut. Yang mengatur ritme segala aktifitas dari komputer tersebut. Semakin cepat dan handal suatu prosesor, maka kemampuan komputer akan maksimal. Kita biasa menyebut istilah ini dengan komputernya cepat, ngga lemot.

Begitu juga dengan smartphone, di dalamnya terdapat prosesor sebagai jantung dari aktifitas yang kita lakukan dengan smartphone tersebut. Smartphone sekarang, biasanya sering kita gunakan untuk bermain game, memotret, edit foto, mengambil video dan mengeditnya. Memutar film dan musik. Melihat peta GPS dan akses data lainnya. Berbagai aktifitas inilah yang menjadi poin penting bagi kita pengguna untuk mengetahui  prosesor di dalam smartphone tersebut.

Gw sendiri untuk memilih sebuah smartphone, hal pertama bukanlah merk smartphonenya apa, tetapi spesifikasi di dalamnya. Seumpamanya seperti ini, kalau gw hanya punya budget terbatas, kira-kira dengan budget yang ada, spesifikasi  terbaik smartphone yang mana yang bisa gw dapatkan. Jadi, sesekali jadilah pembeli yang cerdas. Jangan selalu melihat merknya apa, tetapi lihatlah kebutuhannya apa lalu disesuaikan.

Contoh, gw suka fotografi. Suka traveling. Suka merekam video. Suka edit-edit foto langsung di smartphone. Nah, untuk kebutuhan ini yang gw perlukan adalah smartphone dengan prosesor yang cepat dan ram yang besar. Kenapa? Karena itu tadi, prosesor yang cepat dan handal bisa membuat aktifitas gw lancar. Memotret bisa autofocus dengan cepat. Prosesor yang pintar mampu menghemat baterai sehingga ketika traveling tidak repot bolak balik mengisi daya. Edit foto atau video hasilnya bisa maksimal, ngga lemot jika menggunakan resolusi tinggi.



Di antara sekian banyak produsen prosesor smartphone, yang gw ingat hanya Snapdragon dari Qualcomm. Sudah terbukti kehandalannya. Qualcomm Snapdragon digunakan oleh mayoritas merek ponsel terbaik di dunia. Ponsel seperti Oppo N3 (Snapdragon 801) memiliki koneksi tercepat, kinerja terbaik, daya tahan baterai terbaik, dan terbaru dalam multimedia dan kamera fitur. 

Beberapa perkembangan teknologi yang gw tau belakangan ini dari prosesor Snapdragon:
  • Bisa digunakan untuk koneksi cepat 4G/LTE.
  • Dapat mendukung kamera ponsel yang paling kuat dengan teknologi khusus untuk memungkinkan lebih banyak megapixel, autofocus lebih cepat, dan terbaik dalam fotografi cahaya rendah.
  • Dapat menampung 4K Video.
  • Memberikan suara berkualitas bioskop untuk video dan musik.
Yap, postingan singkat kali ini tentang prosesor di dalam sebuah smartphone. Intinya, ketika mau membeli smartphone, lo harus tau jantungnya itu smartphone apa. Prosesornya. Jangan hanya termakan iklan atau merk terkenal dan mahal saja.

*nemu video ini di Youtubenya Qualcomm. Lihat deh


Sunday, March 01, 2015

Foto Selfeet, Saudaranya Foto Selfie


Barusan gw sadar, dari sekian banyak foto yang ada di hape gw, ternyata ada beberapa foto yang gw iseng fotoin kaki sendiri. Iya gw ga sadar. Ternyata memang gw hobi fotoin kaki sendiri. Woow.

Ya ini buat mengatasi ego ingin selfi wajah tetapi gw sadar dan demi kebaikan umat manusia banyak. Gw ga mau habis lihat foto selfi gw, yang ada bawaannya mau mual.

Ples gw menghindari anggapan kalau ada yang komentar, "Ini cowo laki atau banci sih, upload foto selfi melulu. Ga ada foto lain apa? Mending cakep, ini ancur". Kalau denger yang komentar begini, sakitnya tuh di siniiiiii

Tapi, biarpun hanya foto kaki begini saja, banyak ceritanya bro... Kebanyakan sih dari foto kaki, ini gw ambil ketika gw berada di suatu tempat tertentu yang ga biasanya. Atau pas traveling kemana gitu. Kadang sering langsung gw upload #fromwhereistand. Memang kalau dikolase seperti ini, kayak ngga ada ceritanya dan hanya gw yang tahu. Tapi baguslah, untuk pencitraan juga kalau gw itu anaknya petualang dan asyik banget. Mulai deh kumat narsisnya.

Yap, jadi kalo lo punya hasrat dan gairah untuk selfi tetapi wajah lo pas-pasan, mungkin lo bisa mencoba project seperti ini, foto kaki! Istilahnya sih #selfeet. Terserah deh mau istilahnya apa, asal kalo lo cowo jangan sering-sering upload foto duck face. Malu sama krecekan banci lampu merah.

Terus jalan-jalan, ketemu orang banyak, jelajahi tempat baru dan jangan sampai kurang piknik.
Gw Nico Wijaya, host acara siang ini. Sampai jumpa minggu depan. Caaaaaaww....



Sunday, February 15, 2015

Festival Budaya Irau Malinau 2014

Ini pengalaman pertama gue mengikuti festival budaya selama 15 hari di lokasi. Event 2 tahunan sekali ini bernama Irau Malinau, berlangsung dari tanggal 15 Oktober - 27 Oktober 2014. Irau Malinau digelar bertepatan dengan HUT Kabupaten Malinau Kaltara, 26 Oktober.

Selama 12 hari berturut-turut, ada pertunjukan budaya dari berbagai adat dayak dan paguyuban yang ada di Malinau. Tercatat ada beberapa suku dayak yang mengisi atraksi budaya. Seperti Dayak Lundayeh, Dayak Kenyah, Dayak Kayan, Dayak Punan, Dayak Abai, Dayak Tahol, Dayak Tingalan, Dayak Berusu, Dayak Punan, Dayak Sa'ben, adat Tidung, dan adat Bulungan. Terdapat pula paguyuban paguyuban yang ada di Malinau seperti Etnis TIonghoa, Paguyuban Keluarga Jawa, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), Bubuhan Banjar, dan NTB dan KK NTT. Bisa dikatakan, ini adalah event budaya termeriah yang ada di Kalimantan.

Berkat dukungan dari Pemkab Malinau Bapak Bupati DR. Yansen TP dan Kodim 0910 dengan Dandim Letkol Inf Agus Bhakti, team dari Fotografer.net dipimpin oleh Bang Kristupa dan Komunitas Fotografi Malinau dapat mendokumentasikan beragam atraksi budaya selama Irau Malinau berlangsung.

Dan ini adalah cuplikan dari Irau Malinau 2014.


Malinau terletak di Kalimantan Utara. Untuk menuju Malinau, bisa menggunakan pesawat terbang direct dari Jakarta menuju Tarakan(Lion Air), lalu dari Tarakan bisa menggunakan Susi Air atau Kalstar yang masing-masing rute terbangnya 2 kali sehari.

***
Foto Satgas Kayan, anggota team dokumentasi Irau Malinau 2014






Sunday, January 25, 2015

Memotret Objek Militer #militaryphotography

Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk memotret sesuatu yang berkaitan dengan militer. Beruntungnya, gw mendapat kesempatan itu ketika kantor bekerjasama dengan teman-teman di TNI Angkatan Darat. Ceritanya panjang. Singkatnya, beberapa komandan di TNI AD yang memiliki visi ke depan dan berpikiran terbuka, mereka menyadari bahwa fotografi bisa menjadi alat promosi yang baik. Bukan tentang pencitraan, tetapi untuk bertutur apa adanya melalui bahasa fotografi.

Satu hal yang gw sadari, menjadi tentara bukanlah sesuatu yang mudah. Mereka dilatih disiplin dan selalu siap siaga kapanpun diperlukan. Jika tugas memanggil, keluarga harus siap. Anak dan istri hanya bisa mendoakan semoga kembali selamat ketika pulang bertugas. Bagi mereka, suami atau ayah mereka adalah milik rakyat Indonesia. Suatu kebanggaan untuk mengabdi kepada NKRI.

Sejak 2012 hingga sekarang, gw bersama bang Kristupa sudah berkunjung ke beberapa batalyon. Kami membuat foto dan film pendek yang setidaknya membuat para prajurit semakin bangga menjadi anggota TNI. Sebut saja di antaranya Yonif 134 Tuah Sakti di Batam, Yonif 900 Raider di Singaraja Bali dan Yonif 600 Raider di Manggar Balikpapan. Foto-foto dan film pendeknya sudah pernah gw posting. Adapun kesatuan lainnya yang merupakan pasukan elite, masih belum boleh dipublish. Hanya untuk internal sendiri.

Sedikit tips dari gw untuk rekan-rekan yang ingin memotret hal-hal yang berkaitan dengan militer adalah;

  1. Safety. Patuhi pedoman keselamatan dan aturan yang ada selama berada di kawasan militer atau ketika berhubungan dengan objek-objek berupa senjata dan teknik-teknik tertentu di militer.
  2. Menjaga kerahasiaan. Walaupun hampir sebagian besar informasi ada di internet, banyak hal yang tetap harus dirahasiakan. Bijak dalam mempublish sesuatu di social media.
  3. Komunikasi. Karena masing-masing dari latar belakang yang berbeda, pastikan komunikasi terjalin dengan baik. Jangan ada sungkan atau diam-diaman. Berdiskusi untuk menghasilkan suatu karya yang terbaik. 

Saturday, January 10, 2015

Trip Ke Sumbawa Barat

#KSBtrip 24-28 Desember 2014




Sumbawa Barat. Yap, akhir tahun 2014 kemarin, tepatnya 24-28 Desember, gw sempat mengunjungi Sumbawa Barat. Kali ini gw ga sendiri, ada temannya. Bareng Sasha, Tika, Ivan, Imad, Aline dan Naimah, kita menjelajah Sumbawa Barat. Kami namakan trip kali ini adalah #KSBtrip, Kabupaten Sumbawa Barat Trip.

Bagi yang belum tahu, Sumbawa Barat adalah kabupaten baru yang terletak di sebelah pulau Lombok. Jadi kalau mau ke Sumbawa Barat, bisa ambil flight langsung dari Jogja atau Jakarta ke Lombok. Dari Lombok, 2 jam darat menuju pelabuhan Kayangan, baru menggunakan kapal ferry atau kapal cepat(sekitar 90 menit) menyebrang ke Benete Sumbawa Barat.

Ibukota dari Sumbawa Barat adalah Taliwang. Terkenal dengan masakan ayam Taliwang. Sehingga ketika pertama tiba di Taliwang, tujuan yang paling utama adalah mencicipi Ayam Taliwang langsung di Taliwang.