Privasi di internet

Kali ini saya akan membincangkan masalah privasi dalam internet.
Privasi seseorang itu merupakan sesuatu yang sangat berharga. Kita tidak mau privasi kita terbuka oleh orang banyak atau privasi kita dicuri seseorang. Dalam hal berinternet, yang mana internet adalah sebuah jaringan komunikasi raksasa yang menghubungkan manusia didunia dengasn sesamanya. Keterhubungan itu banyak menguntungkan, tetapi tidak jarang juga merugikan.
Ok singkat aja.
Seseorang yang terhubung dengan internet, tidak ada jaminan bahwa privasi, data, informasinya aman 100 %. Why???
Sifat manusia rasa ingin tahu nya sangat besar. Kalau tidak terkendali, seseorang itu akan berusaha dengan segala cara untuk mendapatkan informasi dari seseorang. Dan internet, merupakan sarana yang cukup sangat efektif.
Kita tahu virus, trojan horse, mal ware, spy ware dan lainnya. Dengan kegunaan yang berlainan.
Spyware untuk memata-matai, Trojan horse juga bisa untuk mematai dan mencuri data, Virus juga ada yang bisa mencuri dan merusak data. Hampir lupa, ada satu lagi yaitu Keylogger, program pencatat setiap ketukan keyboard. Apapun yang kita ketikkan, maka semua akan tercatat dan dapat dibaca oleh seseorang. So hati hati aja kalo diwarnet menggunakan password, pin atm banking dan credit card.

Karena itu kita harus tahu resiko jika kita terhubung dengan internet
.
Tahu resiko mempunyai account email gratisan seperti Yahoo, Google, MSN, gabung disuatu komunitas massal seperti friendster dll(blogger ini juga mungkin termasuk).
Apa resikonya, diataranya adalah data atau informasi milik kita dapat diketahui oleh perusahaan tempat kita mendaftar di internet. Dan juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pemerintah dan militer.
Tapi kalo kita baik baik aja, ga ekstrem ya ga usah takut.
So pintar pintar kita aja deh untuk mengatasinya, ya seperti punya email tidak hanya satu, siapkan mana untuk pribadi, mana untuk gabung di milis, mana untuk gabung di Friendster dll. Dan jangan mudah percaya kecuali memang kita sudah mengetahui bahwa bisa dipercaya.
Film Will Smith dalam Enemy of States bisa menunjukkan suatu realita yang dikemas didalam film. Dan itu mungkin saja terjadi di era teknologi IT yang terus berkembang.

4.24 wib
Basement Rektoriat

Comments

Post a Comment