Apa Tren Web 10 Tahun Kedepan?

Menarik, sebuah kata yang saya ungkapkan setelah membaca artikel 10 Future Web Trends yang ditulis oleh Richard MacManus. Didalam artikel ini, MacManus memprediksikan tren pengguna web dalam 10 tahun kedepan yakni, Semantic Web, Artificial Intelligence, Virtual Worlds, Mobile, Attention Economy, Web Sites as Web Services, Online Video / Internet TV, Rich Internet Apps, International Web dan Personalization.

MacManus juga memaparkan bahwa sekarang ini dimana era web sedang dalam masanya, serta pangguna web itu sendiri tak terlepas dari aktifitas search, social networks, online media, content aggregation and syndication (RSS), mashups (APIs), dan lainnya. Dan MacManus menyampaikan bahwa akses web saat ini masih didominan dengan Personal Computer (PC). Dan saat ini, kita memulai memasuki masa dimana mengakses web via perangkat bergerak(Mobile Devices).

Di antaranya 10 tren web tersebut, saya yakin diantara kita semua ikut andil dalam menciptakan tren tersebut. Mungkin tidak semua, tapi beberapa diantaranya. Seperti, Youtube sebuah online video sharing, pengguna internet pasti mengenalnya dan mungkin banyak yang menjadi pengguna Youtube. Dalam skala lokal, saya banyak menemukan teman-teman sesama warga IT, yang sudah bergelut didalam salah satu tren web tersebut.

Artificial Intelligence(AI) atau kecerdasan buatan saat ini sedang diminati oleh teman-teman di Informatika UII. Berbagai software aplikasi web yang mengimplementasikan AI banyak dijumpai dalam Tugas Akhir mahasiswa.

Mobile, membuat suatu software aplikasi yang dapat berjalan pada perangkat bergerak seperti smartphone, PDA dan lainnya. Baik yang berbasis web, ataupun tidak. Dan saat ini, dengan mudahnya dijumpai perangkat bergerak ditemukan dimasyarakat, muncul berbagai peluang untuk menciptakan layanan dibidang ini. Dan saya pun termasuk didalamnya.


Rich Internet Applications(RIA), konsep dari RIA sendiri, membuat sebuah aplikasi web atau internet dengan tampilan antarmuka atau interface yang menarik. RIA sendiri membuat perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan web biasa. Sehingga RIA memberikan interaktifitas kepada pengguna dengan menarik dan berbagai kemudahan lainnya. Salah seorang teman akrab saya, Wahyu Ridhoni, sedang mengembangkan pemesanan t-shirt online dengan teknologi RIA ini. Dan saya lihat, sangat menarik.

Ini beberapa tren yang saya lihat dari skala lokal. Dan tentunya masih banyak lagi mereka yang telah memulai atau menjadi bagian dari salah satu tren tersebut yang dengan segala keterbatasan saya tidak dapat menyebutnya satu persatu.

Apapun itu tren tersebut, saya mengajak untuk ikut ambil serta menjadi bagian didalamnya. Tentunya dalam rangka menggunakan teknologi sebagai penunjang kehidupan manusia.

Comments

  1. Owalah..
    sempet ketipu sama judulnya..
    tak kirain ini mbahas ttg Disain Web untuk masa depan..
    ternyata pas baca isinya,
    ini ttg aplikasinya tho mksdnya.. maaph.. ^_^!

    ummbbbb.. kalo saya mau ounya andil gimana ya, mas..?
    secara masih gaptek dan memahami HTML aja masih susah.. xD

    ReplyDelete
  2. aku juga gaptek bljr HTML, ga bisa2...walaupu udah blajar tpi trnyata ga dong...ga da yg ngajarin...klo applikasi web d 10 taun yg aka dtng, ga tau...yg pasti lbih hebat! Yo ra?

    ReplyDelete
  3. Waaa... kalo soal yang beginian, aku jadi murid Nico aja ntar yaaa... :)
    Idem sama MBAK Cewekpalsu siiiy... :P

    ReplyDelete
  4. Nic, suamiku pernah ngajar AI tuh selain subject² yg laen.

    ReplyDelete
  5. nona nieke : hehe..maap2. kan secara tak langsung dah ikut andil tuh sebagai pengguna. kalo mau jadi penggiat niek, ya mau ga mau harus bergelut dengan bidang-bidang tersebut.
    capek, gelut mulu..hehe..becanda

    lazuardhi : bner dhi, dengan teknologi yang berkembang terus, pasti jauh berbeda dengan saat ini.

    cewektulenkebangetan : belajar dung, biar ga gagap. ya minimal tau lah. ah, kamu mah ga gaptek nja..

    dew : waa..merendah niy mba dew..
    oiyaa..harus punya indra ke 6,7,8,9 dst. *hehe..kena mbak dew* peace mba :)

    vie : wah..suaminya akademisi juga toh mbak. bisa neh berguru..hehe..

    ReplyDelete
  6. I LOVE AI! Weheh mata kuliah paling aku suka sepanjang daku kuliah ^^

    Kadang mikir jgn2 10 thn kedepan, kalau mau nelp cukup pake suara, smua kontrol pake suara. Seruuu

    ReplyDelete
  7. mudah mudahan internet bisa lebih murah tarifnya..itu saja yang penting..

    ReplyDelete
  8. aku nonton aja ahhh... ntar kayak gimana... hehehe...

    ReplyDelete
  9. shirei : waduh, suka AI ya, berarti rei orang cerdas neh :). yup, bner, sekarang pun dah dimulai akses kontrol dengan suara.

    iman brotoseno : nah, bner juga neh mas iman. semoga internet bisa murah..

    mel@ : aduhh..ibu satu ini..hehe...wah mel, dirimu kan jago juga, ayo tunjukkan :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts