Jawaban Kami

Ternyata sesaat setelah postingan deklarasi BUKAN TIM MUSIMAN, banyak aneka pertanyaan yang masuk. Ya benar kami memang sedang mencurigai sebuah blog bernama Sayap Ade di sayapdotwordpressdotcom . Blog ini kami ketahui setelah melakukan kegiatan blog walking sekitar seminggu yang lalu. Blog dengan setting penderita leukimia berjenis kelamin perempuan tersebut kami sinyalir fiktif belaka. Padahal selain tidak mencantumkan warning bahwa isi blog itu hanya naskah drama atau skenario cerita, blog ini sudah banyak menarik simpati beberapa orang. Nah kami memberi waktu kepada anda sekalian untuk sekedar menengok blog itu terlebih dahulu sebelum kami membeberkan sejumlah fakta janggal yang bermuara pada satu kesimpulan bahwa blog itu fiktip.

Oke.. sudah???

Setelah kurang lebih seminggu meneliti dan menyelidiki, kami menemukan beberapa kejanggalan dan fakta tercecer yang sangat kait mengkait…

1. Blog tersebut terlalu vulgar mengumbar penderitaan untuk menarik simpati…(oke ini memang tidak salah namun si pelakon (sebutan kami untuk si empuya blog) mengibarkan bendera terlalu lebar sehingga bagi kami itu merupakan sebuah tanda yang sangat nyata).

2. Pelakon sering memasang foto wanita dalam setiap postingan. Setelah dicermati, foto tersebut sebenarnya diambil tidak dari orang yang sama. Pelakon memang tidak mengatakan bahwa foto itu adalah dirinya, namun dia sengaja memberikan image bahwa Ade yang dimaksud dalam blog itu adalah lebih kurang wujud fisiknya seperti foto itu. Bahkan foto pada tanggal 5 November, mengalami proses peng-editan untuk menghilangkan nama pemiliknya. Sayangnya kini foto itu sudah dihapus lagi oleh si pelakon.

3. Nama ade bagi kami bukanlah nama biasa. Selain menggambarkan tentang aura kemanjaan, wanita dan butuh perlindungan, nama ini juga menyimpan arti yang sangat siginifikan. Coba anda ketik “ADE+ Leukemia” di google. Maka yang muncul adalah tentu saja blog ade dan yang berikutnya adalah sebuah artikel yang menerangkan bahwa ade adalah salah satu mekanisme kemoterapi pada leukemia akut.



4. Beberapa komentar di bahasa sayap yang isinya bernada kenal dengan ade secara pribadi (bukan hanya di dunia maya saja) selalu tidak terlacak karena mereka tidak mencantumkan url.

Kami sadar bahwa kecurigaan ataupun tanda tanya memang harus dikonfirmasikan kepada sang pelakon alias pemilik blog. Maka saya (senja/cewektulenkebangetan) memberanikan diri untuk mengirim komen pada beberapa postingannya. Dan hasilnnya adalah..

1. Komen pada postingan sebelum postingan “Dara Belum Mandi” (postingan ini dihapus 2 hari yang lalu oleh pelakon). Komen saya waktu itu kira2 seperti ini. “Membaca setiap postingan di blog ini membuat saya seperti mengenal bahasanya di beberapa blog yang lain. Saya seperti de javu. Salam kenal ade” . Komen ini masuk kolom moderasi. Dan akhirnya tidak ditampilkan.

2. Lalu saya komen lagi pada postingan “Dara Belum Mandi” dengan nama Senja lengkap dengan alamat url-nya. Isi komen kira-kira seperti ini “de javu dan de javu. Tetap semangat ade” . Komen muncul namun beberapa hari kemudian dihapus setelah ada postingan baru dan perhatian pembaca tidak lagi pada postingan itu.

3. Tanggal 6 November, saya komen lagi pada postingan “Langit Tak Harus Biru”. Isi komen berkisar pada pertanyaan apakah blog ini piktip atau tidak dan semacamnya. Komen dimoderasidan muncul namun beberapa menit kemudian dihapus. 3-4 kali komen nasibnya sama. Muncul dan dihapus. Setelah itu komen ke 5-6 tidak lagi bisa masuk ke blog ade karena IP address komputer saya sudah di blokir. Saya kira beberapa orang lain yang juga ragu-ragu dengan blog ini merasakan nasib yang sama. Kalau memang merasa benar alias tidak bersalah, kenapa musti menghapus komen dan memblokir IP komputer saya??????

4. Masih di hari yang sama namun di jam yang berbeda, saya komen lagi dengan IP yang berbeda. Komen bisa masuk namun moderasi. Ya, si pelakon cukup cerdik. Dia sudah mengantisipasi hal ini dengan menghapus komen saya (yang sempat muncul beberapa hari, red) sehingga jika pun saya bisa komen lagi maka mau tak mau harus melewati pagar moderasi. Dan hasilnya bisa diduga, komen itu tidak pernah masuk di postingan alias langsung di buang oleh si pelakon.

5. Masih di malam yang sama. Kami langsung berinisiatif untuk memposting “deklarasi” untuk menyelidiki blog ini walaupun sebenarnya penyelidikan sudah berlangsung lebih kurang seminggu. Dalam postingan ini kami tidak pernah menyebutkan nama blog bahkan tidak menyebutkan kasus apa. Hanya jenis kasus semata

6. Keesokan harinya si pelakon langsung mem-posting permohonan maap karena tidak bisa ngeblog lagi dengan alasan ada komen yang masuk dan menghendaki dia untuk berhenti. Harap diketahui komen saya (senja alias cewektulenkebangetan) tidak pernah menyuruh ade untuk berhenti ngeblog, tidak ada kata-kata kotor, tidak ada sumpah serapah dlsb. Saya hanya mempertanyakan kebenaran kisah menyayat hati itu….

Beberapa penguat versi ade

1. Ade memasang banner Yayasan Kanker Indonesia dan the leukimia and lymphoma society dalam blognya. Dia juga menyebut-nyebut nama RS Dharmais, dan nama salah satu tokoh politik Indonesia IBRAHIM HASAN MEUTARUM dalam sebuah komen bernomor 24 postingan “Tabir Fajar”. Tapi maap, kami menganggap ini memang sengaja dilakukan untuk menepis beberapa anggapan orang bahwa ade adalah fiktif.

2. Ade selalu menghapus semua komen yang bernada ragu-ragu beberapa hari setelah komen itu ada di blognya.

3. Ade melakukan aksi “sebagai pihak tertindas” dengan menyebarkan opini bahwa dia mendapatkan ancaman sehingga harus menutup blognya. Padahal, kami tidak melakukan ancaman apapun. Kami bahkan bermaksud mengkonfirmasi semua ini melalui komen yang kemudian di hapus dan di blokir. Dan bahkan kami mengirim imel ke yang bersangkutan, namun hingga postingan ini dibuat, imel tersebut tidak dibalas. Imel dikirim dari senja_06@yahoo.com ke iis_saeful@yahoo.com. Ya alamat imel inilah yang diberikan pelakon kala memberikan komen di blog saya pada halaman “about”.



4. Beberapa orang yang suka dengan blog ade dan mempromosikannya di blognya secara tidak langsung sebagai justifikasi bahwa cerita ini real. Para simpatisan ini yang kemudian menjadi opinion leader sangat berpengaruh bagi eksistensi blog ade. (sekali lagi kami tidak menyalahkan para blogger yang simpati dan suka dengan tulisan-tulisan ade).

Dengan fakta-fakta itu semua-lah, kami sepakat bahwa blog itu fiktip semata. Seharusnya ….

1. Jika memang sengaja untuk mewadahi pemikiran-pemikiran atau tulisan-tulisan fiksi, pelakon sebaiknya memberikan semacam warning/pengumuman terlebih dahulu. Tujuannya agar pengunjung tahu bahwa yang sedang mereka baca adalah sebuah karya sastra/fiksi.

2. Ini memang hanya area etika. Sama seperti saat kita membuat tulisan ilmiah, ringan atau apapunlah itu, kutipan tetaplah kutipan. Terlepas apakah orang lain tahu atau tidak bahwa ada beberapa baris yang diambil dari tulisan orang lain, namun etikanya adalah dengan memberikan sumber kutipan. Ini sekaligus sebagai bentuk penghargaan kita akan hasil pemikiran orang lain. Sekali lagi memang tidak sanksi jika etika ini dilanggar.


Sikap kami

1. Tidak pernah dan tidak akan menganjurkan blog ade di tutup.

2. Kami juga tidak pernah menebar ancaman seperti yang dituduhkan selama ini baik melalui komen di blog maupun imel. Dan jika kemudian dikesankan ada ancaman dari kami maka hal itu berarti pemutarbalikkan fakta.

3. Kami juga tidak akan berusaha menemukan siapa di balik ini semua. Bagi kami dunia blog seperti hutan belantara. Biarkan si pelakon hidup seperti apa adanya dan seperti yang dia mau karena tujuan kami hanyalah meluruskan etika penulisan. Sekali lagi ini juga bisa salah. Silahkan anda memberikan koreksi.



Akhirnya

1. Kami siap jika kami dianggap cari popularitas. Berbicara di ranah etika memang beresiko dituduh cari ketenaran. Dan itu sudah kami pikirkan masak2.

2. Kami juga siap jika ada anggapan bahwa sebenarnya kamilah dalang di balik blog ade. Hahahahaha. Ini tuduhan lucu yang bikin kami ketawa sepanjang sore kemarin. Tapi kami terima prasangka ini dengan sabar dan penuh kelucuan.

3. Oya, di postingan deklarasi kami tidak menyebutkan nama blog yang sedang kami curigai. Karena kami tidak ingin berpolemik. Namun jika akhirnya menjadi kontroversi, itu diluar kekuasaan kami

4. Kami juga tidak bermaksud memusuhi ade. Bagi kami semua blog yang sudah dan akan kami sambangi adalah teman.

5. Maap jika ada perkataan yang menyinggung anda semua.

6. Jadi…mari kita ngopi barengggg!!!!!…….wekekekekekekeekkeekke.

Sekian


Tertanda

Senja-Nico
Semarang-Jogja


*update: kasus ditutup. terima kasih.

Comments

  1. bravo..bravo..
    case closed ?! eu..selamatt ngerjain TA.. dan selamat kembali ke kegiatan utama : NGERONDA :D

    ReplyDelete
  2. Iya,ditutup oleh BTM.Kl ada tim lain yg masih bergerak,kita tidak dpt memastikan.Lagian jg kita2 dah tau toh dalangnya. Blm saatnya aja dibongkar.
    Pesen @bulan ada diblog senja yg deklarasi. Dikomen yg paling bawah.
    Ah,jd ngeronda bneran neh.Msh blm bisa tidur.Kacau sudah jam tidur.

    ReplyDelete
  3. Panjang banget. Baca dulu komen ntar. :D

    ReplyDelete
  4. hooo begitu yaa...emang sih kesannya manja banget, tapi gak sampe kepikiran kesitu. baru sekali mampir soalnya ke blog mbak2 itu (jangan2 mas2 lagi..huwaa)

    eh..eh..ngerondanya gimana? btw, jadi pengen ngopi tapi kayaknya udah overdose..hahahha

    ReplyDelete
  5. IBRAHIM HASAN MEUTARUM politikus? yang ada itu, ISMAIL HASAN MEUTARUM

    ReplyDelete
  6. hmm, wah perlu juga ada yg kyk gini di komunitas bloger.

    Kalo menurut mitra sih, biarkan "seleksi alam" yang menentukan keberadaan blog-blog. Sama seperti mode, ada kalanya yg lagi nge-tren tuh apaa gitu...

    tp pada dasarnya keliatan kok blog mana yg konsisten n bs terus berkarnya :). Dan mitra rasa, itu yg terpenting

    ReplyDelete
  7. Saya lebih cenderung menilai blog Ade dari tulisannya karena saya juga suka menulis, walau secara nalar tercium sesuatu yang meragukan tentang tulisannya , terlebih lagi setelah beberapa kali membaca dan mencermati, ada sedikit keraguan tentang tokoh Ade itu sendiri ( terlepas dari nyata tidaknya tokoh Ade), saya teramat kagum dengan cara dia memainkan emosi si pembaca, kita dibawah kepada sesuatu yang berbeda, walau saya sempat berpikir , kalau poto Ade di ganti Omas ( maaf saya tidak bermaksud membandingkan secara fisik ), apakah simpati kita akan sama dengan tampilan pic yang sekarang.

    Intinya Ade telah memberikan banyak kesadaran kepada kita melalui tulisannya, dan kalau ditanya apakah saya yakin bahwa gambaran dan profil yang ditampilkan sama real dengan yang ditulis , maka saya akan menjawab TIDAK.

    ReplyDelete
  8. So... what is her point?

    Mirip kayak cerita dimana itu ya (kisah nyata) seorang ibu yg mengiba katanya anaknya kena leukemia dan butuh biaya. Anaknya diplontosnya. Trus dia dapet duit hasil belas kasih orang. Ya... akhirnya ketauan bo'ongnya.

    ReplyDelete
  9. ooo..gitu toh ternyata..:)
    ternyata nico berbakat jg jd detektip he..met melakukan investigasi berikutnya..he

    ReplyDelete
  10. ups, nic saya ketinggalan berita yak ??? sebenarnya ada apa segh ? maap negh nic ane kagak tahu pisan ??

    ReplyDelete
  11. ah, syukurlah kalau memang bisa selesai. soale agak risi juga melihat peperangan sesama blogger.

    met wiken, nic. :)

    ReplyDelete
  12. Ah gue jadi bingung mau bilang apa..
    mau nyalahin si Ade juga susah..
    gue orang nya bejat dan kebal hati ama melowdrama2..
    mau dukung tindakan Senja juga Emohh,.. Kalian itu tetep dalam pandangan gue salah karena bersikap offesif menyerang blog orang lain..

    Masih mending polisi yang ngebredel sebuah posting karena isu didalamnya,. dari pada loe berdua menyerang orang nya..

    setuju ama warnetubuntu, "SHOT the MESSAGE not The Messenger" .. normal jika bertarung dalam ranah diskusi kata2 dan bahasa.. sama saja jika kita berdebat di alam nyata...

    Dan buat si Ade,.. susah buat gue jelasin, karena itu opini dan touching sendiri buat gue pribadi untuk setiap blog di dunia ini... ada yang cocok ma gue ada yang ngga...

    Tapi kalo mau bicara kebenaran, wat de hel, Beb.. Tuhan saja masih banyak yang pertanyakan,...

    sedikit saja Info,.
    walopun nama Alm. Ismail Hasan Metareum adalah org yang dimaksud, setaugue anak tertua beliau berumur 40 tahunan, tertua 1 putri dan 4 putra..
    Jadi ga etis menyamakan ade sebagai cucu Alm Buya IHM. karena :
    1. Si Ade bernama Cut. Dan di Aceh itu ga da Cut tanpa turunan Teuku dari Bokap nya.. Sedang kan Alm Buya bukan dari Teuku. (patrilineal)
    2. Itung saja umur orang tua Ade kira2, karena dia pernah menyebutkan telah 30 thn bersama Bokap-nya...Cocok dengan salah satu Putra Alm. IMH?

    Itu saja kebenaran yang mungkin sedikit perlu diketahui dan dipertimbangkan..

    sorry bro,..
    gue gatel aja, dari kemarin mau angkat bicara,..
    mau post di blog gue juga males rame2,..
    jadi gue NYAMPAH aja disini...
    Karena di blog SENJA Kment gue dianggap SPAM dan di BLOCK

    Case Closed Personaly Buat Gue.

    ReplyDelete
  13. cuma nitip pesen: saya tidak pernah memblokir pesan atau komen siapapun dan apapun isinya. jika ternyata masuk spam, itu hanya karena kesalahan sistem semata. ada beberapa memang yang masuk spam tapi langsung saya approve. memang tidak seketika karena saya tidak 24 jam berada di depan inet. klopun akhirnya nggak bisa masuk, sayapun juga tidak tahu, karena setiap malam saya juga meneliti pesan2 yang masuk agar tidak ada yang nyasar di spam. maap jika ada kesalahpahaman

    ReplyDelete
  14. Ngomentarin dikiiit aja :D

    Bagi kami, tokoh ade tetap fiktif. Kecuali dikemudian hari ade muncul diacara kopdar bersama teman-teman blogger lainnya dan menunjukkan fakta tak terbantahkan bagi kita bahwa ade itu ada, maka saya tak segan-segan untuk mengakui kesalahan saya. Ya, saya akan bersikap gentle dan menuliskannya disini..

    oke, tak harus kopdarlah, mungkin bisa aja diacara sosial. Kan ade suka berbagi dengan orang yang tidak mampu, usul saya, kenapa ngga mengadakan semacam bakti sosial ato apapun namanya sejenis bangsari dan lainnya. Saya yakin akan ada banyak blogger yang akan membantu ade. Bukankah itu hal menggembirakan untuk ade dan teman-teman lainnya?(setuju gak temen-temen kalo kita bareng-bareng ade ngadain event sosial?)

    Itupun kalo tokoh ade ada. Kalo enggak ada ya saya malah bersyukur, kasihan melihat ade dengan segala penderitaan yang dikeluhkannya pada sayap ade.

    "SHOT the MESSAGE not The Messenger". hemm...ini me nurut saya mah mengalihkan pembicaraan saja oleh warnetubuntu.

    Secara pesan yang disampaikan pelakon ade, ada beberapa hal yang saya setujui. Bisa diliat di postingan saya sebelumnya. nah, yang dipermasalahkan justru siapa si ade itu. Kita kan pengen tau, emang salah jika kami membicarakannya di rumah kami sendiri. kalopun senja bengok-bengok, itupun di tetangga terdekat kami. Toh tetangga kami itu tidak keberatan. hehe..

    Terimakasih buat semua yang telah banyak memberi informasi tambahan dan koreksi-koreksinya. hehe..semakin menambah dugaan kami. Informasi-informasi yang tersebar cukup beragam. Meskipun kasus ini telah ditutup, tapi sebagai pribadi, saya bisa menambang informasi dari berbagai data yang berserakan. hehe..senangnya :D

    Maaf dari saya untuk semuanya tak terkecuali. Saya hanyalah tukangronda biasa yang merangkap blogger jelata didekat kaki gunung merapi. Yah, anggap saja obrolan gak penting dari anak desa yang bodoh, baru melek internet dan lainnya. Saya senang jika dianggap seperti itu, karena saya bisa terus belajar dan berkreasi dari siapapun.

    *mengingatkan pesannya bulan dikomen senja:
    "Lu menganiaya gue, De.
    Yes, you do that to me: HURT ME SO BAD."

    ReplyDelete
  15. @senja..
    Koment gue sebelomnya tentang di blok, gue tarik balik,
    karena udah senja konfirm ke email gw. thx, sis..

    @nico,..
    yakiiiinnn mau terusss...
    ckakakak...
    inget bro,..gue juga inget ini baek2 dikepala gw dr dulu..
    "Batas nalar dan pembuktian kebenaran itu tipis adanya..."

    ReplyDelete
  16. Hmmm... seru juga ya !! tapi belum mau berkomentar banyak nih !! katanya dia asal Banda Aceh ya ?? nanti aku coba cari info2x ttg dia deh sama orang-orang disini...

    ReplyDelete
  17. waduuh panjang amat....
    tar aj yah bacanya :p

    ReplyDelete
  18. Bagi kami, tokoh ade tetap fiktif. Kecuali dikemudian hari ade muncul diacara kopdar bersama teman-teman blogger lainnya dan menunjukkan fakta tak terbantahkan bagi kita bahwa ade itu ada, maka saya tak segan-segan untuk mengakui kesalahan saya. Ya, saya akan bersikap gentle dan menuliskannya disini..

    aneh...fadahal disini tulisannya seferti ini

    "3. kami juga tidak akan berusaha menemukan siapa di balik ini semua. Bagi kami dunia blog seperti hutan belantara. Biarkan si pelakon hidup seperti apa adanya dan seperti yang dia mau karena tujuan kami hanyalah meluruskan etika penulisan. Sekali lagi ini juga bisa salah. Silahkan anda memberikan koreksi."

    hmm...just ****** for you my bro!

    ReplyDelete
  19. eh..ada lagi?
    "
    Itupun kalo tokoh ade ada. Kalo enggak ada ya saya malah bersyukur, kasihan melihat ade dengan segala penderitaan yang dikeluhkannya pada sayap ade."
    hah? ITUPUN KALO TOKOH ADE ADA...
    jadi, afa dikau ndak berfikir dengan fandangan yang berbeda? begimana kalo memang tokoh Ade benar-benar ada, afa ndak sakid yah diragukan seferti itu...tafi ya itu tadi. ITUPUN KALO TOKOH ADE ADA...
    hah..****** ****
    ps : saia iseng aja mbikin bintang-bintang begitu, cuma iseng...tolong jangan selidiki saia ya? mhuahuahuahua
    BERCANDA kawand..BERCANDA...

    ReplyDelete
  20. "SHOT the MESSAGE not The Messenger". hemm...ini me nurut saya mah mengalihkan pembicaraan saja oleh warnetubuntu.


    FYI.. yg anda lakukan inilah yg dinamakan ad-hominem , you just shot me.. not my message.. :D

    .. and the defend rest!

    ReplyDelete
  21. sedikit pelajaran untuk anda tentang adhominem,

    ada orang berkata : untuk kaya anda harus menabung, bekerja keras dan berhemat..

    trus kemudian anda tahu bahwa ternyata orang tersebut miskin, dan ternyata dia musuh bebuyutan anda.. apakah anda menjadi tidak percaya dengan perkataannya? :) *silahkan saja sih, tetapi jangan salahkan jika anda menjadi miskin karena tidak melakukan apa yg disampaikan dia*

    nico said
    Bagi kami, tokoh ade tetap fiktif. Kecuali dikemudian hari ade muncul diacara kopdar bersama teman-teman blogger.
    got the point?, oke kalau masih belum.. anda percaya dengan Tuhan? berarti anda pernah kopdar dengan "Tuhan" dong? *ikutan dong*

    nico said
    Secara pesan yang disampaikan pelakon ade, ada beberapa hal yang saya setujui. Bisa diliat di postingan saya sebelumnya. nah, yang dipermasalahkan justru siapa si ade itu.
    tidak peduli apakah ade ini anjing atau kucing.. bukan berarti pesan dia jadi salah khan? got my point, again?
    "intan tetaplah intan walaupun keluar dari mulut anjing" -syaidina ali (oiya.. apakah jika anda non muslim kemudian anda menganggap pesan tersebut salah?)

    nico said
    (setuju gak temen-temen kalo kita bareng-bareng ade ngadain event sosial?)
    saya sangat setuju sekali.. :), kenapa tidak anda hubungi ade untuk melakukan itu? saya akan ikutan pasti :)
    (see? saya tidak menyerang anda secara personal)

    nico said
    *mengingatkan pesannya bulan dikomen senja:
    "Lu menganiaya gue, De.
    Yes, you do that to me: HURT ME SO BAD."

    tolong tunjukkan mana pesan Ade yg bikin bulan demikian terpukul dan merasa teraniaya.. hanya itu doang apa susahnya sih.. :)

    .. and the defend rest!

    ReplyDelete
  22. oiya ada sedikit tambahan..
    anda baca pesan imel senja?
    Kenapa "de" pesan saya selalu dihapus? takut kedoknya terbongkar ya????

    ini masalah etika..,jika saya mendapat imel seperti itu maka saya tidak salah jika saya hanya akan "mendiamkan" anda.. see?

    bandingkan dengan imel saya yg menanyakan hal yg sama tetapi dengan "etika", aku paste yg aslinya (btw, sampai sekarang saya masih skeptis ttg ade asli atau tidak) :
    assalamu'alaikum, wr. wb.

    hi.. ini dari warnetubuntu, barusan aku baca blog ade, kalau ade mo berhenti ngeblog? kalau boleh tahu, apa alasannya de?
    De, ada komentar negatif di blog itu udah biasa, kalau ade tidak nyaman dengan komentar2nya, ade bisa menutup komentar atau memoderasinya...
    tapi kalau bisa blognya jangan ditutup, berhenti ngeblog adalah pilihan, semoga pilihan ini adalah yg terbaik bagi ade..
    btw, aku dari sini cuman bisa berdoa semoga Ade mendapat apa yg terbaik bagi Ade..

    anda lihat perbedaannya? inilah awalnya kenapa dia memoderasinya..

    dia tidak mendiamkan saya tuh.. mau tahu jawaban dia?
    saya bikin blog karena saya ingin agar orang lain mendoakan saya, bukan mencacimaki saya.. kata ayah, saya tidak boleh sedih..


    akhirnya bla bla bla.. saya tunjukkan cara memoderasi comment.. dan akhirnya malah saya mendapatkan nomor handphone dia.. dan kita sampai sekarang berteman.. tanpa mengungkit2 apakah dia terkena leukemia atau tidak.. see?

    bukannya akan tampak nyaman jika semua komentar berisi mendoakan dan bukan berisi perang apakah ade asli apa palsu??

    silahkan jika anda berbeda pendapat.. and again, shoot my message.. dont shoot me :)

    .. and again, the defend rest!

    ReplyDelete
  23. Eh, ada yg nambahin. Makasih2 dah ikut gentian ngeronda. Nyenyak bgt semalem tidur..Woahh*sambil ngoleds :D*

    ReplyDelete
  24. syukur deh.. klo anda ngerti.. semoga kebiasaan "adhominem" anda berkurang.. (sebenarnya premis saya ini juga adhominem loh) :)

    ReplyDelete
  25. “MENANG JADI ARANG KALAH JADI ABU “

    Setelah mencermati kasus ini , kok rasanya saya seperti teringat kasus si goyang ngebor dan bang haji.

    Dimana aroman permusuhannya sangat tercium , bahkan menyebabkan orang-orang yang tidak seharusnya ada dan tidak tahu malah ikut-ikutan berkomentar seperti saya ini.

    Mungkin maksud Senja cs baik , bahkan teramat baik, dimana mereka ingin memberikan pelajaran kepada kita2 bagaimana pentingnya sebuah kejujuran dalam sebuah karya tulis, memang disadari atau tidak terdapat perbedaan penilaian, ketika kita melihat suatu karya.

    Salah satu contoh dalam kasus ini, dimana sedari awal sang penulis ingin sekali menggambarkan dirinya seperti tokoh pada ceritanya, karena dengan sang penulis melakukan hal tersebut diharapkan sang pembaca akan tergerak untuk kembali dan kembali lagi membuka dan mengikuti setiap tulisannya.

    Walau bagi pembaca yang memakai otak ketika membacanya bukan karena maksud “terselubung” ( siapa yang gak mau , cantik , anak jendral, dan sebentar lagi mati itu pun kalau asli, he..he..he.. ) akan terlihat sekali keganjilan2 yg nampak, seperti komen beberapa orang diatas yang sudah menyadari ketidak beresan image tokoh yang ditampilkan, terlalu MULTIVISION banget kalau kata temen-temen saya.

    Andai saja sang penulis sedari awal mencantumkan atau setidaknya mengarahkan dari tulisannya bahwa si tokoh adalah palsu atau rekaan , mungkin kasus ini tidak akan ada, dan pembaca lebih terdidik karena menilai bukan karena tampilan luarnya tapi lebih kepada apa yang akan disampaikan. Dan kalau ternyata si penulis menderita penyakit tersebut dan tentunya dengan hujud yang berbeda dengan tokoh yang ditampilkan ( karena jelas tokoh yang ditampilkan itu fiktif seperti yg senja cs duga ) setidaknya saya kususnya berterima kasih terhadap tulisan-tulisannya , karena jelas tulisan tersebut teramat bagus , bahkan saya ingin sekali belajar bagaimana bisa menulis sebaik itu. Walau saya menilai cara yang dia lakukan salah , seperti wanita penari telanjang yang yang memberikan SEDEKAH untuk para fakir miskin.

    Pesan saya :

    Untuk si penulis tokoh Ade : jadi lah seperti pohon, dimana setiap hari dia tumbuh dan berkembang, yang seiring perkembangannya memberi manfaat kepada orang disekitarnya. Setidaknya memberikan keteduhan kepada orang-orang yang ingin berteduh, jangan seperti KIPAS ANGIN, yang memberikan kesejukan kepada orang lain tetapi diri sendirinya ternyata kotor karena semakin banyak kebohongan dan topeng yang dikenakan.

    Untuk Senja CS, Niat baik kalau tidak diikuti dengan cara yang baik akan menghasilkan sesuatu yang lebih buruk dari sebelumnya.
    Dan untuk orang-orang diluar dari dua nama yg saya sebut. : lebih baik kita tidak memperkeruh suasana dengan tulisan apapun karena kita seperti orang buta yang dituntun oleh orang buta yang lain, dan hal-hal semacam ini hanya akan berlangsung tidak lebih dari seminggu , seperti kasus video porn ME dan YZ

    Dan untuk mas nico maaf blognya saya gunakan untuk tulisan saya yang tidak bermutu ini.

    Wassalam

    ReplyDelete
  26. ooo.. ini toh maksudmu nic..

    sori ya kmaren2 ga sempet mangabulkan rikues lu waktu minta komentar gua..

    terus terang gua ga ngerti apa yang lu omongin waktu itu, dan gua ga ada waktu untuk mencari tahu lebih lanjut :D

    lagi sibuk euy (klasik banget, haha..).. ga ada waktu buat baca2 blognya si 'ade'

    hehe.. yang penting kan udah ga ada yang ganjel2 lagi kan?

    ReplyDelete
  27. kalau blog saya sudah diselidiki nggak ?

    ReplyDelete
  28. saya punya pengalaman menarik yg mungkin cukup untuk mewakili peristiwa ini.. yg sebenarnya sangat sederhana, tetapi karena dibumbui oleh subyektifitas2 maka ceritanya jadi runyam dan tidak sederhana...

    dulu saat sma (ini kisah nyata loh.. sumpah) :D , saya punya teman anggap saja namanya "bunga" si bunga ini anaknya cantik dan jadi primadona di kelas.. saya sebagai laki normal, wajar saja jika sering melemparkan pandangan (mesum :D), flirting2 dll.. tapi saya cukup obyektif dengan reaksi dia yg memang tidak menaruh "minat" padaku (sedih). Pada suatu saat.. bunga sedang ngumpul bersama teman2 dan tentu saja saya termasuk..kemudian dengan hati2.. saya ngomong ke bunga.. "bunga, boleh kita ngomong sebentar diluar? agar tidak diketahui anak2?" bunga menjawab, "kenapa ga ngomong disini saja?", "jangan ah.. aku gak enak", "ok deh klo bigitu" saat kita sudah berdua.. saya sama sekali belum ngomong apa2.. bunga langsung menjawab.. "saya tahu kalau selama ini kamu suka ke aku.. tapi kamu khan juga tahu kalau aku udah punya pacar?, maaf ya.. lebih baik kita berteman saja..." sambil menahan tawa.. aku bilang kebunga " bunga.. kancing baju kamu terbuka tuh.. saya gak enak teman2 pada memandang dengan mesum, *termasuk saya* :D " untuk kalimat terakhir yg aku kasih bintang adalah dalam hati :D

    kembali ke topik permasalahan, sekarang kita susun skenario sederhana..
    di galaksi antabarantah.. ada orang yg bernama nico (saya kenal 3 orang dgn nama nico), senja, femi, bulan dan ade.. oiya.. ada lagi satu tokoh yg ketinggalan.. yaitu Warnet (warnet ini nama orang loh) :D,
    senja menganggap ade ini palsu karena tiap dia komen menentang dan tidak enak didengar, komen si senja selalu dihapus, padahal alasan ade untuk memoderasi komentar cukup sederhana.. dan dia curhat pada seseorang yg bernama warnet :D
    "Ade buat blog agar lebih banyak orang yg mendoakan ade.. bukan mencacimaki ade... karena kata ayah ade kalau ade sedih.. ntar penyakitnya bertambah parah"

    kemudian ada femi,dia melihat foto ade dipajang diblog Ade.., femi menyelidiki foto tersebut dan berkesimpulan. "ah ini bukan foto orang yg sama tuh.." dan dia dengan baik hati ngomong ke Ade..
    "De dengan memasang foto2 di blog, kelihatan banget kalau kamu itu narsis.. ntar gimana kalau foto tersebut tersebar ke orang jahat? ntar kamu dijahati loh.."

    ade pun berpikir dan panik.. iya juga ya!.. gimana neh.. dengan panik dia memutuskan.. wah kalau gitu blog ini saya tutup aja deh.. mengerikan dengar skenario si femi.. kemudian si Ade mengumumkan untuk menutup blognya, saat lihat pengumuman itu, siwarnet kaget.. aduh.. aku ini penggemar berat ade!, jangan ditutup de! (dll dengan segala rayuan gombal si warnet akhirnya ade memutuskan untuk tidak jadi menutup blog nya)

    .... cerita bergulir dengan tambah runyam....

    senja kenal dengan bulan yg mungkin juga "penderita leukemia" saat membaca tulisan2 Ade.. dia merasa sakit hati, "wah ini sih pasti perbuatan si Anto!, mantan pacar saya yg tidak kuat meneruskan "hubungan" karena tahu saya sedang sakit.." sangat sakit sekali penghianatan ini.. penderitaan gw di tulis anto dengan seakan2 anto adalah penderita.. coba deh aku tanyakan ke dharmais nama "ade".. setelah bertanya.. dia tambah yakin.. tuh kan.. nama "Ade" gak ada.. karena si ade ini sebenarnya adalah "Anto"!!!...(sambil menangis sedih)

    ... semakin runyam ....
    senja kenal dengan nico.. "sang ahli internet" minta tolong agar dia membeberkan fakta yg sebenarnya... mendengar keluhan senja.. nico panas... "sial banget si ade.. gw udah nulis simpati pada ade, eh ternyata dikibulin, apa kata dunia??"

    .... kerunyaman berlanjut sampai sekarang...
    banyak orang yg jadi ragu2 dengan Ade.. tapi banyak juga yg membela ade...

    disclaimer.. cerita pertama adalah nyata.. cerita kedua "hanya" rekaan semata.. terima kasih.. kasus ditutup.. :)

    semua senang..

    ReplyDelete
  29. Ah?
    Udah ditutup?
    Telat komen deh gue...

    Padahal dari kemarin tuh nyokap gue (edratna.wordpress.com) ngakak terus baca kasus2 gini...

    ReplyDelete
  30. hmm...
    aku pernah liat2 sih. baca juga.
    iyah, tadinya sempet curiga klo tuh blog boongan. ternyata bener yah? :p

    ReplyDelete
  31. Yah syukur deh kalo investigasinya berhasil....
    Sekarang konsen dong ke TA lagi..... :-D

    ReplyDelete
  32. Udah lama, mungkin bener-bener basi. Tapi udah pernah baca yang ini, Mas?

    http://id.wikipedia.org/wiki/Ibrahim_Hassan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts