Progress dan Smartphone

Akhirnya selesai juga jatah progress Tugas Akhir(TA) saya. Yup, memang sudah menjadi jatah tiap-tiap mahasiswa informatika UII untuk melaporkan perkembangan TA-nya pada bulan ketiga dari masa pengerjaan enam bulan. Saya sendiri sudah masuk bulan keempat, sehingga pada bulan ini saya harus ikut progress. Karena itulah hampir seminggu ini ga ngeblog, meskipun sering muncul di tetangga sebelah 

Untung ada progress, jadi di bulan ketiga dan keempat masih ada yang maksa untuk ngerjain TA. Bisa dibayangkan kalo progress ga ada, walah bisa bablas perpanjangan waktu untuk ngerjainnya.

Kalo tak pikir-pikir, sebenernya sih pada umumnya orang itu bisa cepat ngerjain TA atau skripsi. Asal mau konsisten dan focus aja. Konsentrasi penuh deh pokoknya untuk skripsi. Ga pake yang lain. Tapi ya jenenge menungso, ano wae alesane. Inilah, itulah, lagi ga mood dan excuse lainnya. Hehe..ngalamin sendiri sih, makane iso ngomong(kok nylamit-nylamit nggo boso jowo yo?).

Seminggu ngerjain, trial and error itu biasa dalam ngerjainnya. Karena yang dibuat pun ga bisa langsung jadi. Tapi dari kristalisasi berbagai macam percobaan desain interface, system dan sintaks error. Dan alhamdulillah-nya, biar kadang mentok, masih bisa diakali ato dapet jalan keluar.

Tugas akhir yang saya ambil berkaitan dengan mobile learning, bagaimana meng- implementasikan m-learning menggunakan Flash lite pada smartphone. Yup, sekarang eranya mobile, makanya chat n date laris manis(gak nyambung, gak usah dipikirin). Konsepnya sih sederhana, bgimana orang bisa belajar lewat hapenya. Di Indonesia sendiri, aplikasi pembelajaran pada komputer lazim dijumpai. Sedangkan aplikasi pembelajaran pada ponsel ato PDA dengan J2ME, juga sudah banyak yang membuatnya. Nah, ini mencoba membuatnya dengan Flash lite. Dan materi yang diajarkan adalah materi Fisika(kebayang minjem2 buku fisika orang n ngubek2 lemari nyari buku fisika pas sma dulu). Tentunya tujuan akhir dari pembuatan aplikasi ini bisa menghasilkan metode pembelajaran yang interaktif karena ada audio dan simulasi animasi yang orang itu bisa belajar dimana aja gak pake bosen karena interaktif tadi.

Yang sedikit menjadi kendala, pengembang aplikasi(saya termasuk) ga bisa berkreasi seleluasa mungkin seperti mengembangkan aplikasi di komputer. Karena pertimbangan processor dan memori perangkat mobile serta tampilan layar yang berukuran 178 x 208 piksel. Di samping juga, flash lite termasuk teknologi yang di Indonesia sendiri, masih sedikit pengembang aplikasinya. Kalo di luar negeri mah sudah agak rame peminatnya. Dan konsekuensinya, referensi belajarnya dari forumnya Adobe dan Nokia serta buku-buku luaran yang belum cetak di Indonesia(untung dapet yang bisa didownload, timbang beli puluhan dolar). Penulis Indonesia sendiri sudah ada beberapa yang menulisnya, tapi setelah saya amati contoh samplenya, kok mirip banget dengan yang ada di Help-nya Adobe Flash. Mending baca aja di helpnya daripada beli bukunya(maap buat yang merasa menulis buku itu).

Walopun ada kendala, tapi disitulah juga tantangannya. Gimana membuat aplikasi untuk perangkat bergerak yang interface-nya dapet, konten materinya juga dapet, interaksi manusia dan komputer(HCI, tapi ini di mobile devices) juga dapet. Di situlah tantangannya, sehingga kalo ada yang mengangap, ah biasa aja nih, ya monggo. Ato kalo ada yang beranggapan, bgini ni gua juga bisa, ya silahken. Memang keliatannya sih simple (sampe-sampe rancangan diagramnya juga simple) tapi saat pengerjaannya gak sesimple itu.

Minimal, ini beberapa yang harus dilakuin:
1. Menentukan interface. Halaman depan dan halaman laen, navigation key, font dan warna.
2. Konten materi. Meringkas materi yang penting-pentingnya, buat simulasi sederhananya, dan contoh soal.
3. Recording. Karena ada audionya juga, makanya perlu ngerekam sendiri yang dibutuhkan. Pastinya ada suara nico wijaya yang agak-agak berat tapi agak merdu dan cempreng :).

Itu minimalnya, masih ada beberapa lainnya yang belum kepikiran saat ini ditulisankan. Nah, jadinya harap dimaklumi saja jika besok-besok jarang ngeblog ato ngeronda ke tetangga. Sapa tau saya lagi recording di studio aka kamar. Hehe..
Ya paling kalopun ngeblog, posting yang ringan-ringan aja, sebabnya kalo ga posting, pada banyak yang nyariin(senangnya ada yang nyariin:)).

Oiyya, kalo ada yang mau berbagi atau diskusi dari apa yang saya sampaikan ini, monggo aja, bisa imel saya di wijayax31@yahoo.com. Saya butuh masukan serta konten materi dan contoh-contoh lain untuk memperkaya wawasan saya. Sebelumnya tak ucapin makasih ya..

Dan semoga aja apa yang dikerjain ini bisa bermanfaat bagi orang banyak.


foto: internet.

*TA pun belum selesai, pendadaran dan wisuda masih menanti. Setidaknya ini menjadi satu langkah menuju wisuda. Amin.
**makasih utk sodara arfan, karena telah menggabungkan blog ini di planet mysorowako. meskipun bukan warga sorowako, tapi teman banyak yang sorowako. kapan2 pengen berenang didanau matano.

Comments

  1. coooo..akhirx muncul juga...ga ada loh g rame...

    ReplyDelete
  2. halah, bisa g sih g ngomongin TA :p

    ReplyDelete
  3. kamu itu anak TI tho? bkan kedokteran tho? aku kirain...

    ReplyDelete
  4. Selalu salut deh ma orang2 yang pinter di bilang IT, secara aku ini gaptek

    ReplyDelete
  5. pank : ah, mas admin my sorowako bisa aja. huuuu.. :p

    cewektulen : hehe..semangat Tugas Akhir! ayo nja, punyamu digarap juga :D

    anonymous : hehe..kapan ya saya jadi mhs kedokteran. biayanya mahal mous(anonymous, red).

    nn : ya..semua juga masih pada belajar :D. jadi sy juga sering gaptek .

    ReplyDelete
  6. Ayo nico...cepetan selesein, trus wisuda..trus makan2..he

    ReplyDelete
  7. Co..
    jangan ingatkan aku pd hal satu ini..
    mumet je.. sabtu besok presentasi awal..maximal 10 menit dah ma tanya jawab cb..(ngomong apa ntu??).. huaa...hiks hiks..

    Btw, Topik TA mu keyeen jg tu.., ga kaya' aku (no koding bow, nekat ga u/ anak Ilkom??:D)..

    entahlah..
    doakan kami ya.., Co
    makasih
    *kok mlh jd curhat :D

    ReplyDelete
  8. Salam kenal..
    Tyt ada jg yg ambil mlearning..Sy dulu jg ambil TA nya ttg itu tp pake java. Susyee bgt

    thks sy bc antum,kl gk slh pernah review dikit ttg sw yg prnah kubuat, bukhari v1.
    Oya.Utk rekan2 bs dl sw2 sy di http://islam.inhandlearning.com

    mtamim.wordpress.com

    ReplyDelete
  9. salam kenal mz..
    maw tny..
    baru bingung bikin tema n judul TA ni..
    pinginN ttg mobile trus pake Flashlite ini..
    hbs Q gak bgitu bs koding..

    pernah bikin map pake flashlite kah?
    bisa share kah?
    thxx
    firsti

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts