Bukan Sekadar Kopi Darat


Semalam, berkesempatan kopdar dengan Blogger Jogja. Eits, ga hanya blogger yang bermukim di Jogja saja, tetapi acara semalam lebih karena kita kedatangan tamu blogger dari Jakarta. Mas Iman Brotoseno disela-sela huntingnya, mau kopdaran dengan kita-kita. Eh, ga taunya ada Sarah juga yang lagi liburan ke Jogja. Total blogger yang berkumpul semalam 12 orang. Selain mas Iman dan Sarah serta saya, hadir Antobilang, Ekowanz, Leksa Kapucino, Tikabanget, Alle, Herman Saksono, Funkshit, Gunawan Rozenesia dan Agung Pengki. Mbak Unai pun hampir datang juga, cuma diperjalanan si kecilnya rewel. Ga jadi datang akhirnya.


Sekitar 5 blogger yang saya belum pernah berjumpa sebelumnya. Mas Iman, Sarah, Tikabanget, Herman Saksono dan Agung Pengki. Meskipun sebelumnya belum pernah ketemu darat, tapi pas saya datang(datengnya telat, paling terakhir memang disengaja bukan kebiasaan lho:D) dan berjumpa pertama kalinya, saat berjabat tangan, langsung aja saya sebut namanya dengan gaya udah kenal dan lama tak berjumpa:D.


Sebelum cerita pas acara kopdarnya, saya mau cerita gimana awalnya terencana kopdaran. Beberapa hari sebelumnya, mas Iman ngasih tau kalo dia mau kejogja jumat –sabtu ini. Mau hunting di Amanjiwo ceritanya(biasa, sutradara suka hunting lokasi).


(sebelum berlanjut, ada yang tau Amanjiwo itu apa? Jujur saya ga tau, karena itu langsung aja saya nanya sama mas Iman apa itu Amanjiwo. Di jawabnya kalo Amanjiwo itu resort mahal di deket Candi Borobudur. Tarif semalam sampai ratusan dolar. Dengan ooo… panjang, saya baru tahu. Wajar saya ga tahu :D. ya, selesai sampai disini, saya ga mencari tahu lagi tentang Amanjiwo meskipun saya belum tahu banyak. Karena saya dalam waktu dekat ini ga mungkin nginep disana :D. Nah, pas blogwalking hingga sampai ke my-indonesia.info, saya menemukan artikel khusus tentang Amanjiwo ini sendiri. Lumayan juga lengkap artikel yang disampaikan. Pikir saya, bermanfaat juga situs ini. Hehehe..ditengah berita tentang 17 M pembuatan blog ini, saya menemukan informasi yang berguna .)


Lanjut lagi, spontan saya nawarin untuk kopdar. Dan untungnya Mas Iman mau di ajak kopdaran. Dengan promosi terpisah oleh anto di blognya, tersampai juga kopdaran ini. Oiyaa, sebelumnya ga ada informasi kalau Sarah bakalan hadir juga. Eh, barang mbaca postingan anto, disebutkan Sarah juga datang. Yah, namanya juga rejeki, gak bisa ditolak hehehe..


Cerita-cerita dan cerita. Namanya juga kopi darat. Yang selama ini ketemunya di internet, nah mumpung ketemu secara langsung ya di manfaatin. Banyak hal yang bisa diambil. Yang perlu di inget, kopdar ini bukanlah hura-hura atau wasting time. Kita berdiskusi-kerennya- masalah-masalah sosial, pariwisata hingga hukum halal haram(hehehe…itu-tu..). Masing-masing berbicara dan bertukar pikiran. Saya menyukai ini, karena menurut saya tiap orang itu unik. Masing-masing mempunyai pengalaman dan pengetahuan berbeda yang bisa kita ambil. Siapapun itu. Tapi memang, usia juga mempengaruhi asam garam kehidupan seseorang. Tentu berbeda kan pengalaman anak SMU dengan anak SD.


Saya juga senang mendengar Mas Iman bercerita tentang anak-anak di tengah laut, apa itu namanya saya lupa, yang nunggu ikan di laut dan tinggal disitu ga pernah pulang ke darat. Gimana kehidupannya yang miris banget. Kemudian bercerita keindahan alam indonesia yang saya jadi kepengen keliling Indonesia. Kapan-kapan deh insyaAllah.


Kopdar semalem juga kalau saya boleh katakan, mini kopdar blogger Lampung di Jogja. Yup, empat orang dari yang hadir merupakan blogger yang berasal dari Lampung. Saya, Anto, Alle dan Sarah. Jujur, saya ga menyangka kalo Alle dan Sarah juga tinggal di Lampung. Saya tahu mereka berdua ini dari Lampung juga ya semalam. Yang ngga nyangka lagi, Sarah rupanya satu kota dengan saya, Metro. Rumahnya lumayan dekat dengan rumah Opa saya, paling cuma sekilo lah jaraknya. Kapan-kapan kayaknya asyik kopdar blogger lampung di lampung tentunya. Dan kita yang saat ini sedang berada di luar Lampung, memantau dan menunggu berita dari teman-teman blogger lampung yang saat ini sedang berada di Lampung.


Sebenarnya ga hanya Lampung aja sih, daerah lain di luar Pulau Jawa juga boleh melakukan hal serupa. Dan memang sudah seharusnya, biar lebih mengenal dan menjalin silaturahmi. Seperti teman-teman di Sorowako, di Kalimantan dan di pulau lainya deh kita tunggu beritanya.


Kembali ke kopdar semalam, acara di Poci Unik bubar pukul 11an malam. Saya langsung pamit kembali ke kaki gunung merapi, ga ikut makan di lesehan. Sebenarnya sih pengen berlanjut kesana juga, tapi karena kondisi tubuh yang masih dalam penyembuhan abis flu, mau ga mau harus jaga kondisi.


Jujur, kopdar semalam sekali lagi menambah kesan-kesan terbaik dalam kehidupan saya. Terimakasih kepada Mas Iman dan Sarah yang berkenan menyempatkan diri kopdar bareng kita-kita. Mudah-mudahan ga kapok, dan malah rindu ingin berjumpa dengan kita-kita lagi :D. Terimakasih buat blogger jogja yang hadir semalam, yang ikut menghangatkan suasana :D. Tahun baru mau kemana?Hehe..


Dan… ketika teman-teman Blogger melaju ke Jalan Solo, saya mengarahkan motor ke Utara. Sepanjang perjalanan, embun muncul terlalu sore. Dingin….


*Blogger lainnya, ditunggu kunjungannya ke Jogja..

*foto dari anto. tak edit yo bekgroune..








Comments

  1. wahh, komenku ikut ke hapus juga.....btw, selamatttt atas suksesnya acara kopdarnya...

    ReplyDelete
  2. blogger memang tidak memandang lintas batas daerah, asal mereka ketemu sepertinya seorang sahabat yg lama tak bertemu jadi langsung akrab. asal tidak ada yg "jaim" pasti segalanya jadi mudah untuk dikomunikasikan. :D

    ReplyDelete
  3. ehm...ehm...masih terbayang2 kah nic..

    ReplyDelete
  4. photo2 nya kurang nih... dasar Anto :<

    ReplyDelete
  5. @ekowanz: iyae, masih terbayang kamu ko. Jenggotmu iku lo, subur. Punya saya kalah. hehehe...
    *kabur*

    @leksa: kapan mo copy langsung dari anto?

    ReplyDelete
  6. Kok aku gak diajak toh nico

    ReplyDelete
  7. kapan nih kopdar sepulau jawa?

    ReplyDelete
  8. kenapa pas daku gak ada dijogja..he..btw selamat deh buat kopdarannya..lain kali ajak2 ya..:)

    ReplyDelete
  9. Weleh-weleh...

    Kebayang juga kah? *pura-pura ga baca komen oom ekowanz*

    ReplyDelete
  10. Heuheuheu..seru banget ya bisa kopdaran.
    Ko pakdhe mbilung ga ikutan? Denger2 lagi di jogja tuh..

    ReplyDelete
  11. oh kmren mbak Unai bilang juga, katanya mo ketemu Imam Brontoseno gtuw...
    sebelumnya aku ma mb Unai kumpul2 karokean ma makan2 d KFc...

    mbak unai, malah ga jadi datan tho?

    oh sama cahandong juga tho??? aku malah belm pernah kopdaran ma anak2 cahandong, walaupun dah jadi member...

    ReplyDelete
  12. @maruria: pakdhe keesokan harinya baru nyampe jogja. saya ga bisa ikutan kopdar bareng pakdhe, hidung meler. ga kuat turun :D

    @lazuardhi: iya nyampurlah ma anak cahandong. *saya belum gabung deng
    an cahandong:)*

    ReplyDelete
  13. hwaa...

    saya ndak bisa ikut kopdar sama bang iman ma sarah!!

    *nangis guling-guling*

    ReplyDelete
  14. hai hai..mamir sini juga saya akkhirnya...sayang malem itu kita ndak ketemu yah :(

    ReplyDelete
  15. @zam: hahaha... seneng ngeliat zam nagis guling2 :D

    @unai: hai juga mbak, hehe... lain kali insyaAllah kopdaran lagi :)

    ReplyDelete

Post a Comment