Rp. 350 Itu Mahal Bro!


Sadar ga sih, tarif SMS Rp. 350 itu mahal?
Ini pertanyaan yang saya ajukan selama ini ke diri saya sendiri. Menurut saya, dengan infrastruktur teknologi saat ini(generasi 3,5 bahkan siap-siap 4G di pasaran), seharusnya tarif sms kurang dari Rp. 350. Gila aja ntu para operator ngambil untung banyak banget. Apa pertimbangannya hingga dari dulu, tarif sms ga pernah turun. Ada turun pun untuk sesama operator, dari Rp. 100 hingga gratis karena bonus.

Kirim 100 sms, bonus 100 sms.
Setiap isi ulang mendapatkan bonus sms sekian, sekian.
Hahaha.. itu mah bukan bonus, dari duit kita sendiri tu, istilahnya aja bonus.

Sempat terlintas itung-itungan bodoh di benak saya. Seberapa besar sih ukuran file setiap SMS? Paling ga nyampe 20kb untuk satu SMS 160 karakter. SMS kan file text, bukan file multimedia. Ya, ambil polnya 50kb-lah. Terus dikalikan dengan Rp. 1/kb(tarif gprs mentari), 50 x Rp. 1= Rp. 50. Plus pajak 10%, jadinya sekitar Rp. 55.
Angka Rp. 55 per sms ini, hasil itung-itungan bodoh saya. Anggap saja setelah ditambah biaya ini-itu, hitungannya menjadi Rp. 100 per sms.

Hemm... terus kalo tarif normal sms Rp. 350, ke itung berapa kelipatan untungnya. Jadi ngebayangin pas lebaran kemarin, berapa keuntungan dari sekian juta sms yang terkirim.

Saya tahu bahwa untuk menetapkan komponen harga, banyak yang diperhitungkan. Kerjasama antar operator, investasi infrastruktur teknologi, perawatan dan lainnya. Tapi kok ga habis pikir, harga yang mahal untuk layanan komunikasi generasi kedua(2G). Kalau tarif 3G mahal, wajar. Termasuk teknologi baru, sehingga investasi teknologinya agak mahal. Nah ini sms lebih mahal ketimbang biaya GPRS yang generasi 2.5(saya ga membandingkannya dengan paket data suara).

Sekali lagi, itu itung-itungan bodoh dari saya. Mangkanya saya lebih memilih pake instant messaging(IM) di hape dari pada sms. Dua jam IM, sampe jempol pegel ngetik pesan, paling cuma habis Rp. 500- Rp. 1000. Bayangin kalo pake sms, berkali-kali, mending nelpon sekalian.

Akhirnya di postingan ini, saya mendukung Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang sedang menyelidiki dugaan kartel tarif SMS pada delapan operator selular di Indonesia. Kita tunggu hasilnya.

foto dari sini.


Comments

  1. emg MAHAAALLLL Den....
    seharusnya manusia tidak dipungut biaya apa2 untuk berkomunikasi... hwehehe...

    ReplyDelete
  2. Iya mending IM aja napa sih. Yg penting jangan terlalu sering aja, ntar jari kamu Nic pada keriting semuanya!

    ReplyDelete
  3. Mengenai biaya telekomunikasi ini kalo ga salah sudah jadi tesisnya Andrea Hirata co (pengarang Laskar Pelangi)...
    Dia dapet beasiswa S2 dari tesisnya tentang transfer pricing di bidang ekonomi telekomunikasi.. CMIIW

    ReplyDelete
  4. Nico ajari gw IM donk masih gak mudeng maklum gaptek

    ReplyDelete
  5. Rp 350?? kalo di sini [malaysia], cuman 1c. alias 24perak kali' yak??
    heh.. udah, pindah ajja ke sini.. supaya biaya smsnya murah.. hihi

    ReplyDelete
  6. mahal..????
    yo jgn SMS..!! bers tho..???
    beli hate..!!! biar main brik2an kyk jaman dulu..!!!!

    ketika kita di suguhkan oleh kemudahan,maka...hrs di BAYAR MAHAL.!!!!

    mau gratis..????
    kencing aja di jkt bayar..!!!

    *koment ini bukan di sponsori oleh produk GSM*

    ReplyDelete
  7. hmm.. aku masi suka pake fitur sms xtra dong!

    xixixixi.. :D

    blog: http://itemaniz.rekam.org

    ReplyDelete
  8. annots.wordpress.comThu Dec 13, 01:06:00 PM

    HP saya kalo buat IM lama balesnya, jadi sms gpp lah dari pada jalan bensin 1 liter. 350 lebih murah dari pada 4500 kan *hidup pertamina!!!*

    ReplyDelete
  9. Ini lagi baca-baca soal Temasek blahblah (jd inget Om Tod).
    Wuih, ternyata ada duit gedhe banget dalam bisnis perjempolan ini.

    Jadi, yiuuuks SMS-an lageee! :p

    ReplyDelete
  10. mahal sih, kalo untuk kirim sms ke ruangan sebelah, tapi kalo kirim ke papua ya murah daripada harus ke sana sendiri...
    ini hitungan berdasarkan jarak, bukan KB yg harus dibayar :)


    isnuansayangpengenpresidenperempuan

    ReplyDelete
  11. nggak pernah ngitung tarip telepon dan sms. yang penting bisa diterima dengan lancar, suara bening di seluruh indonesia, beres deh...

    ReplyDelete
  12. Kalau bisa murah, knapa harus mahal. Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia(BRTI) Kamilov Sagala, mengakui bahwa tarif sms di indonesia lebih mahal 3 kali lipat dari formula yg ditetapkan BRTI yang tak lebih dari Rp 100(sumber detikinet).

    Lagian, ini mahal karena ambil untung. Beda dgn BBM yg memang harus naik harganya jd mahal karena mengikuti harga minyak dunia dan supaya tak membebani APBN.

    ReplyDelete
  13. mahal emang mas 350 itu..tapi cempluk pke salah satu operator yang itu..xixixi..mau pindah ke operator yg 150 per sms tapi sayang..

    kita bikin operator baru yang setiap sms gratis bagaiaman mas ?

    ReplyDelete
  14. tiap sms lintas operator jadi mikir2 hehehe 350 gitu....

    ReplyDelete
  15. aku pernah baca, 350 itu buat sms mahal...providernya bsa mendptkan untung yang lmyn gede pdhl biaya aslinya sekitar rp. 50

    ReplyDelete
  16. kita memang termahal kok di asia..wong India saja bissa lebih murah infrastruktur telpon seluler

    ReplyDelete
  17. 350 perak mah murah atuh...disini 400 perak..dijerman 7000 perak...

    ReplyDelete
  18. saya termasuk orang yg jarang dan males banget sms-an buat saya lebih baik telpon langsung bisa dapat nyerocos pastinya kalau dirangkai jadi huruf pasti lebih dari 160 karakter :D

    totoks.com

    ReplyDelete
  19. kayaknya disini juga mahal nic, sekitar 420 rupiah sekali kirim sms, perlu diperiksa juga nih kayaknya..he

    ReplyDelete
  20. jadi kepikiran VoIP,..
    kan murah kan?

    ReplyDelete
  21. Padahal kalo liat iklan2x.. kesannya semuanya serba murah !! ternyataaaaa... sungguh terlalu !!

    ReplyDelete
  22. Ya emang mahal atuh..
    Makanya pake XL aja murah meriah euy..

    ReplyDelete
  23. Apa siy yg ga mahal e Co, prinsip yg sangat mengerikan "klo mahal aja konsumen mampu knp hrs murah":((

    ReplyDelete
  24. berhubung suami aku kerjanya di operator...
    ga apa-apa lah... sms harganya 350 perak...
    halah... hahaha...

    ReplyDelete
  25. saya udah jarang sekali sms-an Nico. tapi, 350 itu memang mahal.

    ReplyDelete
  26. Hiyaaah tul banget tuh, masa isi 10ribu cepet bgt abis hehehehe...
    Skrg, apa siy yang murah???!!!!
    Keknya gak ada deh...

    Jempol ke sesama XL masih Rp 99,-
    Kalo ke beda provider Rp 299,-
    Itu yang ketahuan rada miring harganya, cuman ya itu, teteeppp aja mahal buat yang doyan smsan :D

    ReplyDelete
  27. Hiyaaah tul banget tuh, masa isi 10ribu cepet bgt abis hehehehe...
    Skrg, apa siy yang murah???!!!!
    Keknya gak ada deh...

    Jempol ke sesama XL masih Rp 99,-
    Kalo ke beda provider Rp 299,-
    Itu yang ketahuan rada miring harganya, cuman ya itu, teteeppp aja mahal buat yang doyan smsan :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts