Jelajah Pantai Sundak, Kukup dan Baron

Minggu lalu tepatnya hari kamis, saya meluncur ke pantai. Bareng wahyu, kita berdua jelajah-jelajah pantai. Why tak ajakin siapa tahu dia lagi sumpek dengan matrikulasi s2 nya. Kalo saya mah selain karena kangen dengan pantai, juga hunting foto, nyari-nyari view yang bagus untuk dibikin sesuatu yang ekslusif . Sekalian melatih jiwa saya yang masih ndoyoker wannabe*hello para ndoyoker :D*.


Tujuan awalnya Pantai Baron, sekitar 62 km dari Yogyakarta. Tentu saja tak hanya pantai Baron, tapi juga sepanjang pantai yang berjejeran disebelahnya. Sengaja milih pantai disekitaran Baron, karena pasir pantainya berwarna cerah, mendekati warna putih. Perjalanan dimulai sekitar pukul 8 pagi dari sekitaran jakal Km 14,5. Melewati jalan-jalan alternatif yang banyak sawahnya, kami melewati Candi Prambanan dari arah utara candi. Gumam saya waktu itu, cantik sekali prambanan di kala pagi. Perjalanan diteruskan kearah selatan melewati candi Boko hingga di pertigaan jalan Jogja-Wonosari. Jalan ini ga asing bagi saya, karena dua tahun yang lalu ketika gempa Jogja, jalur ini pun saya lewati ketika survei daerah-daerah korban gempa. Lalu sepanjang jalan menuju pantai Baron yang naik turun bukit, saya ngos-ngosan ngatur persneling biar ga rontok ni motor hehehe..

Sekitaran 1,5-2 jam akhirnya kita sampai di pintu masuk pantai Baron. Tiketnya cuma Rp 5000 untuk kendaraan bermotor. Tiket ini untuk semua pantai yang ada di sekitaran pantai Baron. Lumayan murahlah. Ga seperti ke Dieng waktu itu, banyak bayarnya:D

Pantai pertama yang kita datangin bukan langsung ke pantai baron, tapi kita milih ke paling ujung timur dari pantai baron. Ga ujung banget sih, sekitaran 4-6 km dari Baron. Pantai Sundak namanya. Dan ini kali pertama saya mengunjunginya. Pantainya biru dan pasirnya yang berwarna putih, wohoho.. ini yang saya cari. Sudah lama ga ngeliat pasir putih euy. Keadaan sekitaran pantainya sih biasa aja, standar pantai-pantai di Jogja. Tapi, jika anda menyusuri pantainya ke sebelah timur, anda akan nemu pantai yang masih agak fresh. Garis pantainya ga panjang sih, tapi itu yang bikin manis. Ditambah ada villa di bukitnya yang membuat pantainya terkesan private.

Pantai selanjutnya pantai Kukup. Pantai ini lumayan dikenal, tak heran jika akhir pekan di pantai ini pun ramai pengunjung. Penginapan-penginapan pun ada di pantai ini. Tapi jangan dibayangkan penginapan yang eksklusif dan nyaman. Tapi penginapan yang sering dipakai untuk menampung peserta outbond atau acara-acara mahasiswa. Perkamar juga ada sih. Ah, tapi ngga nyaman. Ga ekslusif kayak yang di pantai sundak tadi.

Ada yang menarik di Pantai Kukup ini, terdapat karang yang mirip-mirip dengan Tanah Lot di Bali. Jadi, di atas karang ini di buat gardu pandang. Pengunjung yang ingin ke gardu pandang ini harus menyebrangi jembatan yang telah disediakan.

Pantai selanjutnya adalah pantai Baron. Pantai Baron ini telah dikelola dengan baik ketimbang pantai-pantai disekitarnya. Pantai baron juga memiliki tempat penjualan ikan, sehingga tak heran perahu-perahu nelayan pun dijumpai disini. Di pantai ini juga terdapat aliran sungai yang mengalir ke pantai yang menambah daya tarik pantai Baron. Jika anda berkesempatan ke pantai Baron, cobalah untuk menaiki bukit disebelahnya. Dari ujung bukitnya, anda akan melihat pemandangan garis pantai Kukup, Krakal dan Sepanjang di sebelah timur anda. Dan di sebelah barat anda, akan melihat pantai Baron dari atas. Perahu-perahu nelayan yang berjejer, orang-orang berlarian serta garis sungai yang mengalir menuju pantai.

Sebelum pulang, kami sempatkan wisata kuliner di pantai baron. Ada banyak warung makan dengan menyediakan menu hidangan makanan laut. Masakan yang enak dan ngga mahal pastinya.

Jadi, kalau anda berkesempatan ke sekitaran pantai Baron, Kukup, Krakal dan Sundak, jangan dilewatkan susur pantai dan bukit melalui jalan-jalan setapak yang ada. Karena selain seru, pemandangan dari atas bukit juga menarik!

foto-foto sisa ada di pliker.

Comments

  1. hwaaaaa...
    Nicoooo...bagus banget..perasaan dl kebaron ama kukup tp gak bagus2 amat & dah mulai kotor..tp waktu itu gak ke sundak..ntar deh kl balik maen kesana awas ya kl gak bagus..he..

    ReplyDelete
  2. wah lain kali berkenan jadi guide ya..buat saya

    ReplyDelete
  3. wah..fotonya keren euy..biru banget..

    ReplyDelete
  4. di foto kereen bgt ya.... yg nampak di atas batu gede dipantai itu villa atau cuma buat berteduh nic?..
    jadi pengen kesana...

    ReplyDelete
  5. mantabs surantabs nic,..
    udah nyobain ke ngobaran - ngrenehan? mantabs juga tuh,..

    ReplyDelete
  6. dulu pernah dan jadi kangen pengen ngulangin lagi.

    ReplyDelete
  7. Tau ga nic, bela-belain ke pantai, eh selang beberapa hari kulit muka koq ada ya aneh, wadoh jatuh dah pasaran ane, wajah ane kebakaran (*maksudnya pada ngelupas gitu loh). adahal udah pake jumper. Ada yang bilang pake ponds, yeah kaya cewek aja, ada yang bilang pake madu aja, hu hu kayak roti donk ntar wajah ane, ada yang saranin pake bengkoang. Akhirnya aku biar in aja, besoknya udah kembali normal. He he siap tebar pesona lagi. Kapan2 kita jajah pantai baru. Ga usah pake planning yang ribet2 ntar malah ga jadi. Just do it simple !!!! yeah. Ntar kita bikin villa juga nic. yuuuuuuuuu

    ReplyDelete
  8. Buat semua yang diajakin tapi ga bisa or ga mau ikut. KACIAN DEH LOE, Ikan lautnya sumpah enak banget loh. Ho ho (*sayang photo nico pas semangat makan ndak di publish)

    ReplyDelete
  9. Keren pantainya, gak kalah sama pantai Kuta yah!

    ReplyDelete
  10. Kangen Baron.
    Juni ini anak2 libur..
    Mmm... :D

    ReplyDelete
  11. indah banget yak... masih alami

    ReplyDelete
  12. *ngisi komen utk kedua kalinya, yg ptama error*

    makasih yah kadonya.. ad yg bela2in kepantai segalaaa... :)

    ReplyDelete
  13. @yolla elwyn: hehehe.. emang bagus. palagi ga musim kering. bukitnya hijaaauu!

    @jari-jari ampuh: siip mas. kita susur pantai2 yg disebelah timurnya lagi.

    @rita: tempat berteduh aja mbak. yg villa ada di flickr. tempatnya teduh. ayo visit jogja, rame-rame kesana pan seru.

    @alle: blm le, dmana itu?

    @dodong priyambodo: hohoho.. sukses saya bikin kangen:D

    @zam: siap bos. mohon arahannya suhu!:D. btw, adoh ndi zam karo baron?

    @wahyu: hus, saya pake ponds yuuuuu!!:D. iya, mana tu arfan, ivan dll. ga ikut rugiiy.

    @republik gaptek: belum pernah nyasar sampe kuta. pengen ksana euy :|

    @dew: siap jadi guidenya:D

    @kw: yang pante sundak memang masih alami.

    @anggangelina: hehehe... iya dung!

    ReplyDelete
  14. Ikut dunk lain kali kalo mau tour...he..he

    ReplyDelete
  15. dasaarr pergi nggak ajak2! mana oleh2 pasir??

    ReplyDelete
  16. @indo: yakeen mau ikut?Bner lo!:D
    @nengdj: potonya aja yaa:D. Btw,sdang digagas kopdaran dpantai nih. Tertarikkah?

    ReplyDelete
  17. Ada yang bilang photo why di pantai kemaren kayak Sutrisno bBachir...
    "Hidup adalah perbuatan".
    Hu hu

    ReplyDelete
  18. jadi inget masa masa di jogja..uhui

    ReplyDelete
  19. Wwwwaaaa mengiri..
    belom pernah ke sana.. semuanya.. pengen deyh.. kayaknya bagus banget..
    Kalo di Anyer ma Carita dah bosen, terus dah kotor banget.. emang udah jadi sifat kebanyakan orang Indonesia.. gak bisa menjaga apa yang udah dimiliki..
    Jadi pengen ke sana.. ntar deyh kalo lagi liburan ke Jogja.. semoga..
    Terima kasih sudah mengunjungi blog saia.. =)

    ReplyDelete
  20. indah banget tuh pantai..^_^

    ReplyDelete
  21. Wah, keren banget pemandangannya.... kayanya pantainya masih bersih tuh, belom banyak pendatang ya...

    ReplyDelete
  22. @wahyu: iyaee.. kalo dipratiin bener2. ah, emang keren itu potografernya. ngambil diangle yg tepat*terbang*

    @cewektulen: cieeee.. ma siapa tuuu nja:D

    @shanti pranadi: marii ke jogja yg berhati nyaman. makasih juga kunjungan baliknya..

    @cempluk: hehehe.. lumayan mpluk.

    @eucalyptus: emang keren mbak. palagi musim ujan, ga kering bukit2nya. jadi hijauu segaar:D. ni pantai jauh ga serame parangtritis yg rame sangat.

    ReplyDelete
  23. ok. thanks Nic. this became my reference

    ReplyDelete
  24. wonosari memang keren..
    Visit http://mbiru.com

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum.
    Wah, kelihatanya asik tuh...
    aq besok ma tmen2 green scout SMA N 2 Ngawi insyaAllah ngadain susur pantai di situ.
    Sip....Good job deh
    Do'ain y...
    wassalamualaikum

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts