Perjalanan Bromo, Memaknai Kemerdekaan

Ada banyak cara untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia. Mulai dari upacara bendera hingga lomba antar warga. Tujuh Belasan kemarin saya lalui berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada Tujuh Belasan kemarin, saya merasakan arti dari kemerdekaan yang diperjuangkan oleh pendahulu kita.

Menginjakkan kaki di Bromo. Itu adalah tujuan saya melakukan perjalanan dari Jogja. Selain karena family gathering(istilahnya sudah bukan kopdar lagi) dengan Mas Iman, Zam, Siwi dan Angki. Mencoba melihat ujung lain dari negara Republik Indonesia yang memiliki alam nan indah.

Perjalanan pun dimulai dari Jogja, seorang diri, karena teman-teman Cah Andong memiliki kesibukan lain. Saya habiskan malam diperjalanan menuju Surabaya dan paginya dijemput oleh Angki di terminal Bungur Asih.

Surabaya kota yang sibuk. Berbeda sekali dengan Jogja yang ritmenya sungguh melenakan. Selama di Surabaya, pagi itu, saya merekam aktifitas warga Surabaya. Bagian dari Kota Pahlawan. Menyusuri bersama Siwi dan Angki diperkampungan Mahasiswa ITS hanya untuk mencari sarapan pagi sebelum beranjak ke Malang.




Mas Iman dan Zam telah menunggu di Malang. Bersama-sama menuju alun-alun kota untuk melihat jantung kota Malang, sembari menentukan tempat kopi darat bersama Blogger Ngalam. Kopi darat nan hangat pun berlangsung, saya berjumpa dengan sesama klan Wijaya, aLe, Cak Slamet, Gum, Nazieb dan Fifi. Sebuah keramahan dari bagian warga Malang.

Dingin yang menusuk membuat saya mengigil sepanjang pagi buta di Penanjakan Bromo. Wisatawan asing dan domestik berkumpul di satu spot. Berdesakan menghalau dingin sembari menanti matahari terbit. Bersama-sama, Saya pun mengikuti mas Iman melewati pagar pembatas. Untuk mendapatkan view yang lebih luas. Di sinilah, rasa bangga saya sebagai warga Indonesia tergugah. Indonesia dengan alam yang cantik. Kemerdekaan yang diraih tak sia-sia. Saya melihat berbagai orang dari manapun bebas berkumpul, dan berwisata di sini. Di Bumi Indonesia.

Perjalanan pun belum berakhir, setelah menjejakkan kaki di Kawah Bromo, kami menuju Surabaya. Menghabiskan malam dengan kopdar bersama teman-teman komunitas Blogger Surabaya, ada Cempluk, Arul, Kucluk dan *lucky me:D* Anangku. Setelah sebelumnya menyempatkan untuk memasuki Monumen Kapal Selam. Melihat dari dalam kapal selam Pasopati buatan Rusia itu yang memiliki andil dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di masanya.

Perjalanan singkat inipun berakhir. Banyak hal yang saya dapatkan. Tapi yang utama, adalah persaudaraan. Saya pun tak menolak ajakan mas Iman untuk jeng-jeng selanjutnya entah itu ke Palembang, Padang atau pun daerah lainnya. Mungkin dengan perjalanan ini dan perjalanan-perjalanan lainnya, saya bisa menambah banyak teman dan saudara. Paling tidak, mengenal sesama anak bangsa.

Makasih untuk mas iman, zam, siwi, angki serta teman-teman blogger Ngalam dan TPC. Moga-moga ketemu lagi dilain waktu. okokokok…..

Yang terkait:
Titian Muhibah JawaTimuran oleh Mas Iman
Jeng-jeng Bromo oleh Zam
Kick Bromo oleh Raden Mas Angki Bukaningrat
Meet and Greet oleh Anangku
nicowijaya flickr

Comments

  1. hohoho..

    ayo.. Padang dan Palembang! :D

    ReplyDelete
  2. Mantap juragan!
    Jalan jalan lagi lah nanti :D

    ReplyDelete
  3. hwakakaka...

    mana foto pake sim nya?

    ReplyDelete
  4. @zam: nabung sek:D. malaysia n thailand jadi?

    @nonadita: dit, kemaren zam itu ... ah sudahlah:D

    ReplyDelete
  5. siiip!
    mumpung masih muda dan sehat.
    kapan ke papua?
    *ngaco kumat* :p

    ReplyDelete
  6. @chiw: *pura2 amnesia*

    @kacangarab: boleh2 ke papua kalo diajakin:D.

    ReplyDelete
  7. Lho foto yang pakai SIM itu gimana ?
    Lho foto yang Zam..aihhh kamu juuggaaaaaaa mana ??????

    BTW : Akhir desember - PADANG, BUKITTINGGI, tadi habis YMan sama Zam

    ReplyDelete
  8. senang berjumpa orang hebat macam sampean mas.....

    ReplyDelete
  9. wah gak nyangka bisa ketemu sama para blogger bangsawan ituh....
    kayaknya kopdar duru baru ngunjungi blog hehehehhehe.....
    :D

    ReplyDelete
  10. itulah jatim..indah tak tertandingi!!!

    ReplyDelete
  11. ah, enaknya jalan-jalan!

    ReplyDelete
  12. waa... gila foto yang pertama keren!!! sapa yang foto mas? kog keren betul..
    diriku dah ke bromo 5 kali.. sampe bosen, dinginnya minta ampun

    ReplyDelete
  13. wah ketemu juga sama nico....
    wah sebenarnya sy juga kepengen ke bromo merasakan indahnya di sana.... :D

    ReplyDelete
  14. itu ajakan mas Iman ke Padang menggiurkan juga lho :D

    ReplyDelete
  15. kapan ya aku bisa ikutan.....

    ReplyDelete
  16. tahun depan 17-an nya nyelem Nic ...

    ReplyDelete
  17. ayoooo,.. padang dan bukittinggi! udah ada penerbangan murah ke sana :D

    ReplyDelete
  18. @iman brotoseno: foto mas iman aja ya tak aplod?piye :D

    siap mas, ke padang. nabung dulu dari sekarang.

    @anang: walah, saya juga senang bisa bertemu dengan mas anangku itu..

    @sluman slumun slamet: iya, kopdar dulu kang:D

    @cewektulen: wooo senja bangga!:D

    @dimas: yang foto mas iman brotoseno itu. tapi yang ngedit2 saya dim :D

    @arul: hahaha.. arul kepengen:P

    @angki: wooo angki... keplaki

    @hedi: mau ikut kang hedi:D

    @mbilung: nyelem di wakatobi ya pakde. zam kemaren juga bialng gitu. seru keknya.

    @alle: yakin le? hohohoho..

    ReplyDelete
  19. Laporan audio a la wartawan'e endi Cak??

    ReplyDelete
  20. itu skrinsut pertama kok ketok pamer syal :D

    ReplyDelete
  21. hua..pengen ke bromo lagi..

    ReplyDelete
  22. hihihi...nico udah jadi blogger mabrur..!!!!





















































































































    *selamat nic*

    ReplyDelete
  23. wooh, diposting disini rupanya. baru baca sekarang, abisnya cuma langganan rss blog satunya :D.

    ReplyDelete
  24. sepertinya seru! sayang aku nggak bisa ikut. kalian kesininya pas aku pergi sih, hehe.

    ReplyDelete
  25. suka banged mas nico! *struckinlove* keren keren --- KEREEEEEEENNN!!!

    ReplyDelete
  26. Aaah ingin rasanya menjejakkan kaki kembali ke Bromo bersama si dia.. *senyum2*

    ReplyDelete
  27. hooooooo...pengennnn
    kapan2 kalo mau ke bromo lagi ato ada kegiatan naik gunung ikuttttt!!!:D
    ya..yaaa..yaa...

    i love hiking..

    btw ada yang namanya kang hedi yahh....tapi cowok..yahhh nasib orng indonesia kyk aku..heidy identik dgn laki2..hahahaha

    ReplyDelete
  28. wuihhhh..seru....
    *kpn ya bs ke bromo...*

    ReplyDelete
  29. wuih,,mangtabz bner,,jalan2 bareng kawan2 lupakan perkerjaan,,,beuh kerasa bener fresh nya...
    Furniture Online Manufacturer Javaindo FUrniture

    ReplyDelete
  30. jadi kepingin jalan jalan kesana.

    ReplyDelete
  31. Jalan jalan ke Bromo kayaknya enak nie...Kapan2 kesana ah...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts