PB2008: Roadtrip Jogja " I love Jogja"





















Gegap gempita Pesta Blogger 2008 telah berlalu. Menyisakan ruang-ruang cerita di benak masing-masing blogger yang ikut berpartisipasi. Tahun ini, saya berkesempatan untuk berpartisipasi menyemarakkannya. Sehingga, banyak ruang-ruang cerita di benak saya yang akan sangat sayang sekali jika hanya saya yang menikmatinya.

Pesta Blogger 2008 ini mengambil tema besar “Blogging For Society”. Sebuah tema yang diharapkan bisa lebih menambah perhatian para blogger untuk masyarakat sekitarnya. Sebelum perhelatan besar itu terselenggara, panitia mengadakan roadtrip ke Bali dan Jogjakarta dengan mengundang lima blogger asing. Jeff Ooi(blogger dari Malaysia & anggota parlemen), MrBrown( bapak blogger dari Singapura), Mark Tafoya(blogger kuliner asal AS), Anthony Bianco(blogger traveller dari Australia) dan Mike Aquino(blogger dari Filipina) sebagai peserta roadtrip tersebut. Karena inilah, cerita tentang Pesta Blogger 2008 akan bermula dari Roadtrip di Jogjakarta.

Sebenarnya tak banyak yang bisa diceritakan ketika Roadtrip di Jogjakarta. Karena saya tak ikut dalam Roadtrip 2 hari tersebut. Kesempatan berbincang-bincang dengan Lima Blogger asing tersebut hanyalah ketika acara makan malam bersama di Resto Gajah Wong. Saat itu saya satu meja dengan Anthony. Bersama-sama teman-teman yang lain, CahAndong, kita berbincang-bincang akrab dengan Anthony. Sempat saya tanyakan bagaimana hubungan antar blogger Australia di dunia nyata. Apakah budayanya sama dengan yang di Jogja khususnya, dimana hampir setiap minggu melakukan kopi darat untuk mempererat tali silaturahim. Dengan logat australia-nya yang khas, Anthony menjawab bahwa tidak setiap minggu blogger disana melakukan kopdar, hanya sesekali dalam sebulan atau dalam kegiatan sosial. Faktor selalu terhubung(internet) serta kesibukan masing-masing blogger yang melatarbelakanginya. Dan saya pun menganguk mencoba memahami budaya di luar sana.

Malam itu, nampak keakraban. Berbagai komunitas yang hadir seperti Angkringan, Lesehan dan Multiply Jogja ikut menyemarakkan acara. Membawa nama Jogjakarta, kota yang ramah dan hangat.Selepas acara, teman-teman CahAndong memberi kejutan dengan menyediakan lima becak untuk ditumpangi kelima Blogger Asing tersebut. Dari bunderan UGM, melintasi Malioboro hingga menuju Hotel. Masing-masing blogger asing ditemani dengan teman-teman CA. Entah apa yang terjadi, saya kebagian satu becak dengan Jeff Ooi. Seolah Guide profesional karbitan, saya menjelaskan seadanya kepada Jeff sembari diperjalanan. Saya katakan padanya, saya cinta kota ini. Kota yang nyaman. Tenang, tak diburu waktu seperti kota besar lainnya. Jalanan Malioboro yang eksotis dimalam hari serta lesehan-lesehan di pinggir jalan yang menghiasi Jogja. Sayang, waktu yang singkat. Sehingga tak banyak yang dapat saya katakan tentang Jogjakarta.

Sesampainya di hotel, kami sempatkan dengan berfoto-foto. Berjabat tangan seraya saling mengucapkan terima kasih. Saya menangkap dari senyum serta kegembiraan dari kelima blogger asing tersebut serangkaian kata-kata, "i love jogja".

next, menuju jakarta!

Postingan terkait.
Pestablogger[dot]com: Yogyakarta Trip - 1st Day & Yogyakarta Trip - 2nd Day
CahAndong[dot].org: Roadtrip Blogger Singgah di Jogja
memeth: one night with mike
Rekaman Rally Becak
foto-foto pesta blogger 2008: Roadtrip Jogja oleh Gage dan Utet

foto dari koran Radar Jogja *tanggalnya lupa*. Klik untuk perbesar.
dari ki-ka: ekowanz, nicowijaya, funkshit, chrisbi(blogger dari belanda:D), gage, utet, anthony & momon.

Comments

  1. Kalau soal koneksi internet di Jogja, apa komentar mereka?

    ReplyDelete
  2. kamu ga crita ttg sarkem to ?

    ReplyDelete
  3. woooo.... jd mereka jarang kopdar, toh? sama kayak aku. hehehe... :P

    ReplyDelete
  4. @si bungsu: gimana tet, anthony inget kata2 alon-alon gag ya?:D
    @goenrock: PAYAH!. itu kemaren sponsornya siapa sih?
    @memeth: aku bingung inggrise piye met:D.
    @juminten: jadi jumi orang bule?(woot)

    ReplyDelete
  5. @kucluk: kucluk gag ikut pb2008?

    ReplyDelete
  6. gimana ya kalo mereka itu diajak ikut serta naik kereta ekonomi?

    ReplyDelete
  7. weiiss..nico jadi gaet dadakan nih ceritanya..hi..
    btw, mereka nggak ngundang kopdaran ke negaranya sana co..he..
    sukses slalu deh buat para blogger..tunggu kedatangan blogger dari taiwan tahun depan..kekekkk

    ReplyDelete
  8. @aprikot: hore gita mau komen disiniii...

    @herman saksono: sabar mon. masih ada 4 hari. masing2 hari 1 postingan:D

    @hedi: hahah seru kayaknya kang. mencicipii moda transportasi rakyat jelata.

    @yolla elwyn: diajakin sih, tapi tiket bayar ndiri:D. blogger taiwan siapa ya?(woot)

    ReplyDelete
  9. huweeee... nico jd guide?? Cie ciee... :D

    ReplyDelete
  10. beh... jadi guide to mas? saia kalau ke jogja tak hubungi sampeyan yak?

    ReplyDelete
  11. Haiyaaah, ketemu karo Anang maneh ki nang Jakarta. :D

    ReplyDelete
  12. kalo aku ke jogja...nico jd gaet juga yaaah??? yah..mau yahhh

    ReplyDelete
  13. sekardus ide dot kom..???

    tapi kok iseh blogspot..???

    *ada yg aneh deh*

    nic..pie kbrmu..???

    ReplyDelete
  14. @amaliasolicha: hus hus.. sono…*ngusir*
    @nico: eeeh.. nico juga. Aku bukan guide. Cuman blogger yang doyan jalan-jalan:D
    @angki: iya cak. Kowe rak teko ngopo?
    @ichaawe: saya mau digaet mbak?(woot) boleh2(woot lagi)
    @escoret: peng, kowe arep dateng ke jogja bawa gitar kapan?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts