ceritanya buku itu

*ini berupa postingan panjang sekenanya dan menjemukan:D*

“ Sebelum lulus kuliah, minimal nulis 1 buku!”

Ya, itulah kata-kata yang pernah saya ucapkan kebeberapa teman-teman kuliah yang dekat dengan saya. Saat itu baru menginjak masa-masa semester 3. Waktu itu saya tak mendefinisikan lebih detail bukunya tentang apa dan seperti apa. Pokoknya punya buku yang saya nulis di dalamnya! Itu saja! 

Pikiran waktu itu, hemm… apa ya?...

Gag tau. Napa kepikiran mo nulis buku. Mungkin biar bisa diceritain ke anak cucu kalo Bapak itu dulu pernah nulis buku. Hahaaha….

Entah bukunya apa yg ditulis! Dodol!  

Ternyata nulis dan menerbitkan buku itu gag mudah. Butuh konsistensi, waktu dan persisten(persisten dengan konsisten bukannya hampir mirip?). Sebagai orang yang kadang suka mood-moodan, menyelesaikan sesuatu yang sudah dimulai itu susahnya minta ampun. Nulis cerpen cuman bertahan 2 part. Rencananya sih mau sampe 8 part, sekalian jadi novel:D. Tapi apa daya, belum tergugah dan tergigih(opo ki). Nulis yang rada bau teknologi paling banter jadi miniebook. Cih! 

Hingga suatu ketika di semester 6 ato 7 ya? Lupa. Ada mata kuliah Kapita Selekta Sistem informasi, pak dosennya mencoba metode pembelajaran baru untuk matkul itu. Selama satu semester, kelompok mahasiswa diharuskan membedah satu software free. Produk akhirnya harus berupa buku yang setiap minggu harus ada report serta progress kemajuan dari tugas ini. Kelompok yang terpilih, karya bukunya akan diterbitkan. Mirip dengan kuliahnya kang Onno, mahasiswa disuruh bikin buku, syarat lulus matkul itu. Itu dulu dia cerita pas beberapa kali ikut seminarnya.

Menyiksa? Iya! Bagi sebagian:D. Bagi yang enjoy ya enjoy aja… Saya mah merasa ini kesempatan! Hohoho… ada batas waktu dan ada yang nguber-nguber. Nah, dari awal, saya dan temen2 kelompok, ada Bayu Sulistyanto, Rifki dan Siswantoro langsung ngajuin judul tentang Oracle XE. Freeware yang sempat saya baca artikelnya di majalah. Saya pikir menarik dan judulpun diterima. Hahaha.. keinget pas rebutan judul. Karena gag boleh sama. 

Judul dapat, mulai deh pengerjaan. Bagi-bagi kerjaan ke temen-temen. Namanya nggarap buku bareng-bareng, saya harus nransfer ini ide di otak. Knowledge juga. Trus harus nunggu-nunggu kerjaan rekan udah selesai apa belum. Dan blablabla… Inget, ini tugas kuliah, kelompok lagi. Ada yang berperan lebih dibandingkan yang lain. Dan itu biasa dalam tugas kelompok. Kalo gag sabar dan sadar batas waktu, sudah langsung digarap sendiri.  

Pengerjaannya pun berlangsung, nyari-nyari resource lebih detail di oracle.com-nya. Buku indonesianya belum ada waktu itu. Masih ‘seger’ itu softwarenya. Jadinya dengan sedikit informasi dari situs vendornya, trus improvisasi sendiri bareng-bareng kelompok, jadi deh!

Semester pun berganti. Karya buku sudah selesai dan terpilih untuk diterbitkan. Terus waktu berjalan… draft buku sudah masuk dipenerbitan. Terus lagi waktu berjalan… Draftnya minta direvisi lagi! Mampus! Temen-temen udah pada nyebar kemana-mana, pada sibuk Kerja Praktek atau Tugas akhir(lupa). Iyaaak… revisi pun kelaaar. Waktu pun terus berjalaaan…. Draft masih di penerbit. Teruuus waktu berjalan…. Hingga akhir tahun lalu, Pak Fathul memberitahukan kepada saya bahwa bukunya udah cetak dan mempertemukan dengan pemilik penerbitan di suatu acara yang tak disangka saya bisa ketemu.  

Berharap buku kemaren itu bukan buku yang pertama sekaligus menjadi yang terakhir. Yap, draft satu lagi masih ada. Masih harus dipermak ulang, moga beberapa bulan kedepan ini sudah selese dipermaknya dan mencari penerbit yang mau menerbitkannya:D.  

Comments

  1. bakalan ada buku oracle-xe yang terbit nih?

    allright .. bikin gebrakan ya? hehehhe..
    aku tunggu bro

    ReplyDelete
  2. hmmm..semester 3 ya nic..taun berapa ya nic itu :D ::berfikir::

    ehmm abis buat buku trus belajar english...ehmm mau buat english version yax :p

    ReplyDelete
  3. sip nic.. berkarya lewat tulisan dengan menulis *iyalah..mosok moco. ^^ twothumb bro.

    ReplyDelete
  4. Semangat! Yang penting terus berkarya. Congrats buat bukunya.

    ReplyDelete
  5. @dadan: udah terbit. tu postingan sebelumnya:D

    @wul: mo jadi tki lan*kalem*:D

    @ivanbatara: lu kapan vaan?

    @nadiah alwi: thanks..*semangat*

    ReplyDelete
  6. intronya aja udah warning. mo baca gag ya... *mikir*

    ReplyDelete
  7. sama nic..
    aku ya kemaren gitu..

    pengen nulis ttg kehiduapan aktivis mahasiswa..ya gitu2 deh..eala..ndak selese2...hehe....

    ReplyDelete
  8. *siyap2 mintak tanda tangan Nicow walopun ndak beli bukunya*


    Mwahahahha!


    *disampluk*

    ReplyDelete
  9. Wah, dulu aku juga pengen nulis buku, pas minta konsul ama dosen, malah di patah patahin, nulis buku itu ga gampang, akhirnya patah semangat

    ReplyDelete
  10. Pa kabar nic? waah sama kita sudah publish buku :)

    turut bangga, sama2 berkarya akhirnya :)

    ReplyDelete
  11. @ngga.ngelinaa: akhirnya je?

    @defickry: sama kita fik, aku mo ngambil tema serupa,ga jadi:D

    @nee: halah, opo kii:D

    -GoenRock-: gyahahaha....

    @raffael: jiah, dosennya payah!

    @travellous: woi ndre... kemana aje loo. dateng2 udah nerbitin buku aja. selamat ndre! ntar gw cari buku lo.

    ReplyDelete
  12. waaahhh ternyata mau publish buku jugaa...sukses degh yah nic. kayak andrei dong yah.. moga laris bukunya nic

    hehehe...itu akhirnya aku posting...penjahat yg selama ini bkn penasaran. dan sempet cerita dikit ke kamu...akhirnya nemu juga. :D

    ReplyDelete
  13. jyahaha, full curhat , tumbyeen :P

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts