On Air di Geronimo

Senin kemarin, saya diundang buat acaranya Angkringan Gayam Radio Geronimo. Kali ini dimintai buat speak-speak tentang blog. Khususnya dari seorang Microsoft Bloggership. Ah, terharu saya.... Biasanya kalo dateng ke geronimo, keroyokan bareng-bareng CahAndong. Kali ini saya diminta sendiri...

Selain bersama penyiarnya, Sondy Garcia, ada Mas Wisnu Martha blogger juga yang ngeblog di duniakreatif.multiply.com yang nantinya beliau ini lebih membahas dari sisi akademisnya. Yang mana Mas Wisnu ini adalah Dosen Komunikasi UGM, adek kelasnya Ndorokakung kita itu. Dan juga beliau ini adalah dosennya Defickry dan Sita. Ah sudahlah, mutar-mutar disitu saja. Sempit sekali jogja ini :D

Acara satu jam ini lebih banyak berbicara tentang blog, tentang bagaimana saya bisa mendapatkan award Microsoft Bloggership 2010 dan bagaimana untuk tetap konsisten ngeblog. Tak ada kata kunci beserta jawaban yang pasti, tapi saya berbicara dari apa yang saya alami saja. Saya hanya bilang bahwa ngeblog itu untuk ekspresi diri, melatih bakat atau kemampuan yang dimiliki, berbagi apa yang kita miliki dan rekam jejak proses hidup kita. Bahwa adakalanya kebosanan atau rehat ngeblog itu sering terjadi, itu sangat wajar. Justru itulah yang membuat blog itu lebih personal dan dekat.

Blog bukanlah koran harian atau mingguan yang harus hadir ke pembaca. Tidak, blog itu lebih dari itu. Kalau sedang bosan atau ngga ada ide, tulis saja sedang bosan. Jangan terlalu mempersulit diri dengan memikirkan secara mendalam dan menyeluruh mengenai apa yang akan kita posting. Itu menurut saya sih, kalau ada yang tidak sepakat, terbuka kok untuk perbedaan.

Lalu ketika ditanya apa yang saya dapatkan dari ngeblog, saya katakan, saya banyak mendapatkan teman. Kenalan baru yang sebelumnya ngga terpikirkan kok bisa saya berkenalan atau bertemanan dengan mereka. Bagi saya sendiri, ini jauh lebih berharga jika dibandingkan dengan uang. Terkadang  ada anggapan, "Ngapain sih kamu ngeblog begitu aja, ngga dapet duit malah ngabisin duit. Kayak saya gini dong, nyari duit dari ngeblog..." Ah, okey, monggo. Saya beranggapan teman, networking itu jauh lebih berharga dibandingkan uang. Beneran deh, saya ngga bohong. Buktiin aja sendiri kalo ngga percaya.

Trus trus ada yang nanya gimana kalo ngeblog, dan tulisan kita itu ngga ada yang ngasih komentar? Hey, hallo... 2010 masih mikirin komentar? plis deh :)). Ahahaha.. bercanda. Saya bilang kalo ngga usah mikirin komentar. Cuek aja. Tulisanmu kalo ada manfaatnya ya bagus.. kalo jelek ya biarin aja. Niatnya kan pengen mengekspresi diri, melatih kemampuan, udah hajar aja... Ada yang ngasih komentar atau ngga, gag usah dipikirin. Mending mikirin mo bikin sesuatu apa yang unik yang bisa kita posting. Itu tuh, mending mikirin itu meskipun bagusnya ngga usah mikir :))

Hemm... sekilas ingatan kurang lebih inilah yang dibicarakan. Meskipun lebih padat sekaligus singkat sekali waktu satu jam. Harusnya besok diajakin lagi nih buat cerita-cerita asal njeplak :))

So, ngeblog aja dengan percaya diri!

Comments

  1. aku komen kok nic.. :p *terharu blogku dipromosikan seleb blogger* :p

    ReplyDelete
  2. kamu kira gratis fik?*sms no rek*

    ReplyDelete
  3. kalau cuma cari teman pesbuk lebih banyak kan dab :)

    ReplyDelete
  4. betul itu. terkadang ada blogger lupa dengan idealismenya dan hanya menjadi alat pasar. Setuju.

    ReplyDelete
  5. @geblek: temen dalam arti sebenarnya mas, bukan temen just approved giut :D

    @pemudaikhlas: alat pasar. hihihi

    ReplyDelete
  6. semoga lain waktu kita bisa ngobrol-ngobrol lagi ttg blog dan efek positifnya. Sukses deh untuk semua aktivitasmu... keep blogging! :D

    ReplyDelete
  7. ngeri toks ! LOL ...good luck nic!

    ReplyDelete
  8. iyah bener, gak usahlah mengharapkan komen, toh tujuan awal ngeblog apa, berbagi ekspresi dan menuangkan yang ada dipikiran kita....keep blogging!!

    ReplyDelete
  9. Iya nih, aq lagi kehabisan ide buat posting...
    kira-kira blogku pantas ga ya diikutin lomba kayak Mas Nico? *ngarep Mode On*

    ReplyDelete
  10. hmm dosenku... mas wisnu oyee...
    salam kenal mas nico..

    ReplyDelete
  11. Wah, satu lagi orang yang mampu membuat saya kembali bersemangat utk ngeblog. Sebelumnya ada Pak Jonru dan Nukman Luthfi...salam kenal

    ReplyDelete

Post a Comment