Menjadi Juri Lomba Blog UII

Ini baru pertama saya diminta untuk menjadi Juri dalam lomba blog. Gag tanggung-tanggung, skalanya langsung nasional. Ya, beberapa waktu yang lalu, saya dihubungi untuk diminta menjadi salah satu Juri Lomba Blog di almamater saya, Universitas Islam Indonesia. Saya langsung mengiyakan, kenapa ngga, selama saya mampu dari waktu dan 'mampu otak', saya mau-mau aja.

Temanya adalah Mendefinisikan Perguruan Tinggi Idaman, cukup seksi. Sederhana sekaligus njlimet. Tugas saya di Lomba ini adalah hanya menilai dari tulisan-tulisan yang masuk lolos seleksi panitia serta memberi masukan siapa yang layak menang. Saya ngga sendirian dalam menilainya, ada dewan juri. Salah satunya Pak  Martin Moentadhim Sri Marthawienata, seorang blogger yang dulunya seorang wartawan Kantor Berita Antara Indonesia. 


Semua peraturan, penyeleksian artikel dan promo saya tidak terlibat di dalamnya. Ya meskipun saya beberapa kali ngetweet dan facebook, memberitahu kalo ada lomba blog UII yang hadiahnya lumayan gede. Banyak diantara yang ngebaca langsung berkomentar dan menanyakan perihal lombanya. Saya katakan, lihat saja websitenya sembari saya berikan link URLnya. 


Sepengetahuan saya, ada 799 blogger yang teregistrasi. Dari sekian jumlah tersebut, berjumlah lebih dari 300 artikel yang lolos ke tahap penjurian. Dan ratusan artikel inilah yang sampai ke saya untuk dinilai. Jumlah yang fantastis dari sebuah Lomba Blog yang jauh dari hingar bingar keramaian ibukota[dalam artian, ini bukan lomba yang dihandle oleh perusahaan-perusahaan yang kerjaannya berpromosi melalui social media].

foto: dokumentasi UII


Semua artikel yang sampai ke saya, saya baca satu persatu. Saya temukan keasyikan ketika membacanya. Banyak hal-hal baru, unik serta menghibur ketika saya melakukan penjurian. Dan mereka yang mengikuti lomba ini adalah blogger-blogger yang saya belum pernah mengetahui sebelumnya. Jadi ngga lu lagi lu lagi. Banyak yang mengikuti lomba ini adalah pelajar yang baru lulus SMU, sehingga seakan ia bercerita secara langsung apa sih perguruan tinggi yang mereka inginkan. Atau banyak juga blogger yang berstatus mahasiswa, dari berbagai daerah di indonesia yang membayangkan gimana sih sebaiknya perguruan tinggi idamannya setelah ia merasakan bangku kuliah. Dan masih banyak lagi lainnya, bukan hanya mahasiswa atau pelajar saja, menyentuh ke masyarakat umum juga. Sungguh menyenangkan.

Pada akhirnya, dalam setiap perlombaan harus ditentukan siapa yang layak menjadi pemenangnya. Dan Dewan Juri pun telah mengumumkan siapa-siapa pemenangnya, selamat untuk kalian atas kemenangannya. Bagi yang belum berhasil, tentunya jangan patah semangat. Tetap menulis dan berbagi. Masih banyak lomba-lomba lainnya, dan semoga kita bertemu kembali di lain kesempatan.

Comments

  1. Selamat deh untuk yang menang, n sukses trus untuk mas nico

    ReplyDelete
  2. kyaaaa. fotonya kok di kampusku nyahahahahah *smirk* wew, selamat buat pemenangnya. semoga terus berkarya ;)

    ReplyDelete
  3. modyaar...799 blogger, ternyata rame juga blogger di UII, tapi jangan2 itu hanya fenomena sesaat? :D

    ReplyDelete
  4. @UQI: thx ya, sukses juga..
    @uthie: iya, itu di kampusmu! :D
    @mawi wijna: itu peserta se-indonesia! jadi ngga hanya blogger di uii saja :D

    ReplyDelete
  5. lanjutkan! jangan pernah berhenti ngeblog sebelum sampai ke liang kubur. eh..syerem amat! hihi :D

    ReplyDelete
  6. wah selamat buat jurinya juga...menilai peserta segitu banyak bukan pekerjaan yang mudah :D

    ReplyDelete
  7. lumayan juga jumlah pesertanya..
    selamat buat para pemenang

    ReplyDelete
  8. two thumbs bro...
    mo ikut kemaren tapi ilmu masih belum mumpuni *masih harus lebih banyak belajar.
    sukses nic ^^

    ReplyDelete
  9. berkunjung bang, salam kenal dari newbie,,, :D

    ReplyDelete
  10. mampir dulu disini master :)

    ReplyDelete

Post a Comment