Buang Yang Buruk Atau Tuang Untuk Berbagi?

Menjelang hari raya keagamaan, sudah menjadi kebiasaan diantara kita untuk memberikan ucapan selamat merayakannya. Tak hanya personal sih, tetapi perusahaan atau brand juga ikut berlomba-lomba mengucapkan kepada konsumennya.

Medianya bisa iklan di televisi, radio atau printad berupa kartu digital. Nah, seperti gambar di atas itu adalah kartu ucapannya dari gerai kopi terkenal yang disebarkan melalui twitternya. Copynya, "Selamat hari raya Idul Fitri 1431 H. Wishing you a peaceful celebration". Dengan ilustrasi seseorang menuangkan sesuatu yang mirip espresso.

Yang menarik, ilustrasi di atas itu bisa banyak maknanya. Pertama bisa seseorang merayakan kegembiraan dengan berbagi kopi. Oke, sesuai dengan copynya. Tapi, dia berbagi ke siapa? Keluarga, teman atau dibuang. Hehehe... seandainya ada tambahan gelas dibawahnya. Jadi lebih nampak berbagi.

Lalu, makna yang tersembunyi lainya adalah kita sebagai sebagai insan, ada baiknya membuang segala kekotoran hati dan rela memaafkan sesama. Ilustrasinya bisa diambil dari seseorang yang sedang menumpahkan kopi. Jadi kopi hitam yang pahit itu digambarkan sesuatu yang buruk yang harus kita buang di Hari Raya agar perayaan yang damai itu bisa terjadi dengan indah. Hehehe, kalo orang menangkap makna kartu ucapan di atas seperti itu, berarti secara tak langsung brand gerai kopi tersebut menjatuhkan jualannya sendiri. Dapet kan apa yang ingin saya jelaskan? :D

Entah siapa desainernya yang bikin kartu ucapan ini, seharusnya dia bisa membuatnya yang lebih pas maknanya.

Dan seperti kartu ucapan di atas, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriah. Mohon maaf lahir dan bathin. Buang segala sesuatu yang buruk-buruk dan semoga Allah menerima amal ibadah kita. Amin.

Comments

  1. aku suka kopi...
    btw, selamat idul fitri ya...

    ReplyDelete
  2. iya bener juga.. :))

    ReplyDelete
  3. hm, satu gambar sejuta makna :)
    tergantung dari sudut mana kita lihat

    ReplyDelete
  4. Minal aidzin wal faidzin ya bro Nick ...

    ReplyDelete
  5. aku ko nerimanya jadi kopi tuh ga baik buat hati. jadi harus dibuang di hari yang fitri ini.. haha aneh..
    selamat hari raya idul fitri. mohon maaf & semoga amal ibadah ramadhan kita diterima Alloh swt.

    ReplyDelete
  6. @diandepe: met idul fitri

    @dzale: memang, itulah foto. tapi tetap bisa dikemas menjadi satu tafsir.

    @wendy: minal aidzin juga ya...

    @fadlil: iyakan? :D. met idul fitri juga mus, maaf lahir bathin ya...

    ReplyDelete
  7. met lebaran nic...
    iya, itu kopi emang bikin hati item... :D

    ReplyDelete
  8. @annisa: kopi semakin item semakin enak! :D

    @lex dePraxis: hi too, salam kenal juga!

    ReplyDelete
  9. Hi Salam Kenal...
    Selamat Idul Fitri juga.. :)

    ReplyDelete
  10. kecuali ada satu tanganh dan satu gelas lagi dibawahnya :) #mariberbagi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts