Thursday, September 23, 2010

Stay Safe Online



Apa jadinya jika akun facebook atau twitter milik kita dibajak oleh seorang pencuri? Tentu kita akan panik dan berusaha bagaimana caranya untuk mengembalikan akun yang dicuri tadi. Sekarang di mana trennya social networking dan social media, data akun facebook atau twitter merupakan salah satu data yang berharga. Dan data-data inilah yang diincar oleh pencuri data akun.
Bagaimana caranya hingga data akun kita bisa dicuri? Ada banyak jawabannya. Salah satu diantaranya, malware yang tersebar di internet. Tahun 2010 ini Kaspersky Lab melakukan kampanye Stop Digital Pollution. Apa itu Digital Pollution? Mengutip dari websitenya,  
“Digital pollution is the “cyber junk” that gets in the way as you live your life online. More than 30,000 new digital threats are discovered every day, and all of these created for the sole purpose of stealing your financial data, hijacking your identity, deleting your files and generally messing with your happy computing experience. And the last thing we need is more stress in our lives.”
Semakin sering menghabiskan waktu untuk online, seharusnya penyebaran polusi digital menjadi perhatian kita semua. Ancaman yang kian merebak seiring dengan maraknya aktifitas belanja dan perbankan online, social networking. Yang berujung pada pencurian data dan uang.
Dalam tulisannya, Yury Mashevsky seorang Virus Analyst dari Kaspersky Lab menunjukkan gambaran bahwa adanya peningkatan malware perbankan secara ekponensial yang dipergunakan untuk mencuri uang dari pengguna internet. 

  Grafik penambahan jumlah malware yang digunakan untuk mencuri uang dari pengguna internet

Setelah mengetahui ancaman yang sewaktu-waktu bisa menyerang, ada baiknya kita semakin peduli terhadap keamanan dan kenyaman dalam berinternet. Tak hanya peduli menjaga keamanan diri sendiri, tetapi juga dengan teman-teman di sekitar kita. Karena di masa sekarang ini, dunia social networking, semua itu saling terhubung. 
Berikut ini beberapa tips untuk berinternet secara aman dan nyaman.
  1. Install software Internet security dan selalu terupdate.
  2. Biasakan untuk Windows(bagi pengguna Microsoft Windows) dan aplikasi ketiga untuk selalu uptodate.
  3. Back up data secara rutin.
  4. Jangan merespon email atau membuka attachments dari pengirim yang tidak dikenal.
  5. Jangan langsung mengeklik link yg ada di email atau instant messaging spt YM, BBM dan lain sebagainya. Amati dahulu apakah mencurigakan atau tidak.
  6. Jika berbelanja online, pastikan di website yang aman dan terpercaya. Biasanya alamt websitenya dimulai dengan ‘https://’ dan ada icon gembok berwarna emas di pojok kanan browser. 
  7. Gunakan password yang berbeda-beda untuk masing-masing akun. Atau paling tidak gunakan kombinasi yang bervariasi. Contoh, ‘G4to7Kac4’.
  8. Dan untuk mereka yang sudah memiliki anak, pastikan anak kita juga paham mengenai kejahatan online. Dan untuk pencegahan juga, install software pengendali buat orang tua, yang dikenal dengan istilah ‘parental control software’. Kaspersky Internet Security 2011 memiliki fitur ini yang powerful. 
Pada akhirnya kita telah memasuki masa di mana sebuah data pribadi menjadi sesuatu yang berharga. Pilihannya ada pada kita, menjaganya dengan baik atau membiarkan orang lain menggunakan data kita semaunya. Stay Safe Online!
 
Referensi:
http://www.kaspersky.eu/
http://www.stopdigitalpollution.eu/UK/
http://www.securelist.com/en/

Follow twitter @nicowijaya dan ikuti hashtag #StaySafeOnline.
-------------------
Tulisan ini merupakan permintaan dari Kaspersky Indonesia untuk mereview mengenai keamanan dan kenyaman dalam berinternet. Meskipun demikian, saya tetap menulis apa adanya menurut yang saya inginkan.

10 comments:

  1. eh iya, kemarin banyak temenku yang facebooknya dihack orang. kok bisa ya...?

    ReplyDelete
  2. temen gue juga chip gamenya diambil orang. anjing banget dah...
    untung bukan gue :))

    ReplyDelete
  3. salah satu internetan yang aman:
    buka e-mail doang, trus gugling buat tugas, dan kelar..
    *eh*

    ReplyDelete
  4. @annisa: bisa. ini bisa dicuri data akunnya dari berbagai aplikasi yang ada di facebook. makanya hati2 ya...

    @pokerface: nah ini juga nih. kan rugi tuh udah dapet banyak2, diambil orang.

    @billy: bagian rawannya ada di guugling XD

    ReplyDelete
  5. ati2 juga sm phissing mas gan.... tetep waspada aja kalau login social networking pribadi....
    ^,^V

    ReplyDelete
  6. @ox: yap setuju. seperti gambar di atas, salah satu cara phising.

    ReplyDelete
  7. gue make KIS2010, fitur parental controlnya Kaspersky cukup ampuh. Gag nyesel belinya...

    ReplyDelete
  8. eh ralat, KIS 2011 ding..
    sorry.

    ReplyDelete