Berkat Ngeblog Adalah Karya

Mas Arief @mybothsides dan teman-teman dari AkberJogja, Wedangan, Blogger(Cahandong), Teng-teng Crit serta dari MovieBox.


Malam ini di Movie Box Jogja, Saya merayakan Hari Blogger Nasional bersama teman-teman Online di Jogja. Sengaja mengadakan kelas Akademi Berbagi Jogja bertepatan dengan Hari Blogger tersebut. Senangnya saya, acara ini tak hanya dihadiri oleh teman-teman Akberian, hadir juga teman-teman blogger(Cahandong), dan dari penggiat sharing offline seperti Teng-teng Crit dan Wedangan.

Di Jogja, belakangan ini banyak acara sharing gratis yang diadakan oleh beberapa komunitas. Teman-teman startup mengadakan event Bancakan. Ada juga teman-teman dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Jogja yang rutin mengadakan Wedangan. Ada juga yang namanya Teng-teng Crit, event sharing yang nama kepanjangannnya adalah Tenguk-tenguk Cerito. Dan masih ada beberapa lagi yang belum disebutkan.

Menariknya, dari semua  event sharing ini, memiliki satu visi yang sama. Berbagi. Apapun namanya dan lokasinya yang mencar-mencar, visinya sama, berbagi pengetahuan, berbagi wawasan secara gratis. Sungguh ini tidak saya temui ketika saya dulu masih duduk di bangku perkuliahan.

Kelas #creativewriting

Pada AkberJogja hari ini, kelas bertajuk #creativewriting diadakan. Diisi oleh seorang insan kreatif dari Jogja yang juga ia seorang Blogger, Mas Arief '@mybothsides' Budiman. Meskipun di tengah jadwalnya yang sibuk dengan Pinasthika (ajang apresiasi insan periklanan Indonesia di Jogja), Mas Arief mau meluangkan waktunya untuk berbagi ketika saya menghubungi beliau. Di hadapan kelas yang berisi hampir 45 orang, Ia berbagi pengetahuannya tentang kreatifitas di dalam menulis.

Bagi saya, adalah suatu momen yang membahagiakan ketika kita bisa bersama-sama saling bergandengan tangan dan saling berbagi. Yang menggembirakan lagi, ketika anak-anak muda yang melakukan itu semua. Anak-anak muda yang sembari berproses melatih skillnya, ia juga berbagi dengan rekan-rekannya. Entah apa jadinya Negara kita kedepan jika budaya ini sudah terbentuk sejak dulu kala.

Satu hal yang selalu saya tanamkan ke diri saya, untuk tidak cepat berpuas diri. Apa yang sudah dikerjakan hari ini, buat lebih baik lagi di akan datang. Belajar lagi, eksplorasi lagi. Dan di hari Blogger ini, mengingatkan saya akan banyak hal yang telah saya dapatkan dari aktifitas ngeblog. Bahasa sederhananya, berkat ngeblog saya belajar banyak hal. Berkat ngeblog saya mendapatkan banyak teman. Berkat ngeblog saya bisa jalan-jalan. Berkat ngeblog saya bisa mendapatkan pekerjaan. Berkat ngeblog, saya bisa menjadi apa yang ada di diri saya sekarang. Ya, ini yang ingin saya bagi. Cerita, bahwa ngeblog bisa membawa dampak positif. Saya ingin semua orang tahu. Saya ingin siapapun yang ada segenerasi dengan saya, mengalami apa yang bisa saya dapatkan dari ngeblog. 

Semoga saja, lambat laun dari kelas-kelas sharing yang semakin marak, menambah banyak anak-anak muda yang kreatif dan berkarya. Tak hanya menghasilkan sebuah karya, tapi juga menularkannya dengan yang lain untuk ikut berkarya.


Selamat Hari Blogger Nasional.

Comments

  1. Wah seru ya, sayang di Bandung ga ada acara kayak gitu...

    ReplyDelete
  2. saya bloger jogja, kok saya ga tau ya ada acara ini :(

    ReplyDelete
  3. Blog dan artikelnya bagus, komentar juga ya di blog saya http://ceritaserudewasa.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Setuju pak kepsek, kata orang bijak "ilmu gak bakal habis dibagi"

    ReplyDelete
  5. @Claude: di Bandung ada juga. TEDx Bandung dan AkberBandung.

    @Hendra: sorry kalo infonya ngga sampai... kalau mau ikutan akber jogja, follow twitternya aja @akberjogja

    @Hafidzh : makasih banyak ya utk temen2 Movie Box yang udah menyediakan sarana dan prasarana utk 3 kali akber ini... jangan kapok :D

    ReplyDelete
  6. kang.. saiia suka di tiap gambarnya peke di tutup brush keren itu :) sorry OOT kang :(

    ReplyDelete
  7. Enak ya disana ada komunitas Bloggernya :D
    Kapan ya di Jayapura ada??
    Btw, selamat hari blogger nasional mas :)

    ReplyDelete
  8. kapan kapan buat kelas tentang buat video documentary ya, dari tips pemilihan judul, penulisan script, story boarding, shooting, sampai editing :D

    atau pembuatan film indie macam eagle award, ditunggu dari wonosari lhoo pak kepsek :)

    ReplyDelete
  9. keren ya, blog bisa membuat jadi pintar

    ReplyDelete
  10. @jarwadi: hahahaha.. video documentary dulu sudah, sama mas iman brotoseno. besok2 lagi deh...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts