Menjadi Fotografer Terbaik

Sebagai orang yang bertanggung jawab dalam interaksi FN dengan membernya di social media, sudah menjadi kebiasaan saya untuk meresponnya. Hari ini di siang yang teduh, ada inbox masuk di Pages-nya FN. Dari foto profilnya, saya menangkap wajah usia remaja yang masih muda dan nampak antusias dari pertanyaan yang diajukannya. Ia bertanya, 
Gmn cara org mw jdi fotografer trbaik. N awal mulax g mn?
# mhon d bls
Ketika membaca ini, saya sedikit bergetar hatinya. Ada rasa haru karena saya menangkap ada kemauan atau cita-citanya. Ada respek karena ia masih muda dan tak segan-segan untuk bertanya.

Lalu, menurut anda pembaca, apa jawaban saya?
Mungkin ada yang mengira saya akan menjawab klise, jawaban yang menyenangkan, manis dan memotivasi. Tidak, saya menjawab dengan apa adanya. Sudah hampir 2 tahun ini saya kenal dengan FN. Belajar banyak di FN, belajar dari Bang Kristupa di sela-sela seminarnya, workshop atau keseharian di FNHQ. Dan jawaban saya, kurang lebih hampir sama dari apa yang saya dapatkan dan saya pahami kulturnya di FN.

Dengan sapaan terhangat saya, saya pun membalas pertanyaannya seperti ini,
Halo Dwy...
Menjadi fotografer terbaik itu prosesnya panjang dan tak mudah. Selalu belajar dan belajar, tidak pernah merasa cukup atas pengetahuannya. Selalu menerima kritik dan saran orang lain, tidak menganggap dirinya paling jago dan benar sendiri.
Jika ditanya awalnya seperti apa, awalnya adalah kuatkan niat untuk belajar. Berkumpul dengan teman-teman fotografi agar bisa terus bertambah kemampuan fotografinya. Mencari mentor atau guru yang tepat. Dan terus melatih skill fotografinya.

Jika ini terus dan konsisten dilakukan, percayalah, kelak orang lain yang akan menilai diri kita adalah fotografer yang terbaik...
Semangat!


Comments

  1. *mencatat wejangan suhu di atas*

    ReplyDelete
  2. saya bisanya cuma jeprat jepret aja, gak ngerti teorinya :D

    ReplyDelete
  3. nggak pernah ada fotografer terbaik, karena semua hal adalah pembelajaran dan sering melakukan kesalahan, hehehe :D

    ReplyDelete
  4. terimakasih kakak atas wejangannya.. utak atik kamera HTC :D

    ReplyDelete

Post a Comment