Saturday, June 23, 2012

Dokumenter Jelajah Musi

Mumpung masih 2012, di awal tahun ini saya berkesempatan ke Kota Palembang. Sempat beberapa kali bolak-balik sejak akhir tahun dan tahun baruan di sana, ke Palembang kali ini cukup berkesan.

Dalam rangka ulang tahun Fotografer.net yang ke 9, teman-teman FN di Palembang mengadakan Jelajah Musi. Event ini diperkenalkan dengan nama #FN9JelajahMusi. Sesuai dengan namanya, di event ini peserta yang berpartisipasi akan diajak menjelajahi Sungai Musi dengan menggunakan Kapal Motor milik pemerintah setempat, KM Putri Kembang Dadar.

Palembang bukanlah kota yang asing bagi saya. Tapi juga bukanlah kota yang saya mengenalnya dengan lekat. Di kesempatan kali ini, saya sedikit tahu bahwa Sungai Musi ternyata menyimpan banyak cerita.


Saya baru tahu ternyata di Sungai Musi, tepatnya di Pulau Kemaro, terdapat Pagoda 9 tingkat. Lengkap dengan cerita masyarakat setempat yang meyakini hikayat sejarah Pulau Kemaro, sebuah kisah percintaan Pangeran Tan Bun An dengan Putri Siti Fatimah.

Di kesempatan ini, banyak hal yang saya dapatkan. Teman baru, pengalaman baru dan cerita-cerita baru. Berkumpul dengan teman-teman sesama member Fotografer.net di Palembang dan sekitarnya. Melihat semangat mereka dan karya foto-foto mereka yang mengangkat budaya serta potret di tempat tinggalnya. Melihat bagaimana pemerintah setempat yang mendukung rekan-rekan ini untuk memajukan dan mempromosikan Palembang. Patut dicontoh untuk Kota-kota lainnya di Indonesia.

Bagi yang penasaran seperti apa Pagoda 9 Tingkat, Kampung Kapitan yang berada di Sungai Musi ini dan perjalanan #FN9JelajahMusi, ada 2 video yang sudah diupload di Youtube. Masing-masing berdurasi kurang dari 4 menit. Selamat menonton dan ditunggu komentarnya!

#FN9JelajahMusi part 1



#FN9JelajahMusi part 2

5 comments:

  1. nicoooooo kapan ke bengkulu,,,kamu bakal takjub liat pantai panjang dan pasir putihnya,,,,,;D

    ReplyDelete
  2. Obyek fotonya cakep, Hehehehehe.........

    ReplyDelete