Teluk Kiluan Lampung. #TravelSeries

Akhirnya, tahun lalu berkesempatan untuk berkunjung ke Teluk Kiluan di Lampung. Yang selama ini hanya mendengar cerita dan liputan di tv, kesampaian juga untuk merasakan sendiri keelokan Teluk Kiluan Lampung.

Menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dari Bandar Lampung, kondisi jalan menuju Teluk Kiluan tidaklah begitu menakutkan. Infrastuktur sudah banyak kemajuan. Setidaknya jangan ke Kiluan ketika musim hujan. Karena ada beberapa ruas jalan yang masih tanah merah, bukan berupa aspal.

Sedikit saran jika ingin mengunjungi Teluk Kiluan, jangan berangkat sore atau malam hari menuju Kiluan. Lebih baik berangkat pagi atau siang dari Bandar Lampung. Karena memang kondisi jalan yang berbukit dan sepi, ada baiknya mengurangi resiko yang tidak diinginkan dengan berangkat pagi hari.

Untuk menginap, bisa menginap di Teluk atau menyebrang di Pulau Kilauan. Saran gue, menginapnya di Pulaunya saja, tidak terlalu ramai. Ada tempat menginap ala kadarnya yang cukup lah untuk beristirahat di Pulau yang bisa dibilang tidak banyak orang yang pernah kemari.

Kesadaran penduduk lokal untuk menjaga lingkungan dan keamanan pengunjung cukup tinggi. Memang nampaknya sudah ada kesadaran untuk tetap menjaga ekosistem Lumba-lumba dan ikan di sekitar Teluk Kiluan. Mereka juga membatasi jumlah penumpang di perahu dan jumlah perahu yang melihat Lumba-lumba ketika musim liburan. Jadi, waktu terbaik mengunjungi Kiluan adalah weekdays dan bukan hari libur.

Dan ini sedikit oleh-olehnya dari Teluk Kiluan Lampung. Enjoy!


Comments