Memotret Objek Militer #militaryphotography

Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk memotret sesuatu yang berkaitan dengan militer. Beruntungnya, gw mendapat kesempatan itu ketika kantor bekerjasama dengan teman-teman di TNI Angkatan Darat. Ceritanya panjang. Singkatnya, beberapa komandan di TNI AD yang memiliki visi ke depan dan berpikiran terbuka, mereka menyadari bahwa fotografi bisa menjadi alat promosi yang baik. Bukan tentang pencitraan, tetapi untuk bertutur apa adanya melalui bahasa fotografi.

Satu hal yang gw sadari, menjadi tentara bukanlah sesuatu yang mudah. Mereka dilatih disiplin dan selalu siap siaga kapanpun diperlukan. Jika tugas memanggil, keluarga harus siap. Anak dan istri hanya bisa mendoakan semoga kembali selamat ketika pulang bertugas. Bagi mereka, suami atau ayah mereka adalah milik rakyat Indonesia. Suatu kebanggaan untuk mengabdi kepada NKRI.

Sejak 2012 hingga sekarang, gw bersama bang Kristupa sudah berkunjung ke beberapa batalyon. Kami membuat foto dan film pendek yang setidaknya membuat para prajurit semakin bangga menjadi anggota TNI. Sebut saja di antaranya Yonif 134 Tuah Sakti di Batam, Yonif 900 Raider di Singaraja Bali dan Yonif 600 Raider di Manggar Balikpapan. Foto-foto dan film pendeknya sudah pernah gw posting. Adapun kesatuan lainnya yang merupakan pasukan elite, masih belum boleh dipublish. Hanya untuk internal sendiri.

Sedikit tips dari gw untuk rekan-rekan yang ingin memotret hal-hal yang berkaitan dengan militer adalah;

  1. Safety. Patuhi pedoman keselamatan dan aturan yang ada selama berada di kawasan militer atau ketika berhubungan dengan objek-objek berupa senjata dan teknik-teknik tertentu di militer.
  2. Menjaga kerahasiaan. Walaupun hampir sebagian besar informasi ada di internet, banyak hal yang tetap harus dirahasiakan. Bijak dalam mempublish sesuatu di social media.
  3. Komunikasi. Karena masing-masing dari latar belakang yang berbeda, pastikan komunikasi terjalin dengan baik. Jangan ada sungkan atau diam-diaman. Berdiskusi untuk menghasilkan suatu karya yang terbaik. 
Di bawah ini beberapa foto yang sempat gw ambil. Adapun untuk filmnya, ada di channel Youtube Fotografer.net. 

Oh iya, satu hal yang menyenangkan, sejak foto dan film yang kita produksi dipublish, mulai banyak rekan-rekan yang mengadaptasi apa yang kita buat. 


Gultor 600 Raider Balikpapan
Renang taktis anggota Yonif 900 Raider di Danau Tamblingan Bali
Penembak runduk Yonif 600 Raider Balikpapan
Prajurit Yon 900 Raider yang siap menjaga keamanan Bali 
Prajurit Yonif 134 Tuah Sakti Batam 

Comments

Post a Comment

Popular Posts