Festival Budaya Irau Malinau 2014

Ini pengalaman pertama gue mengikuti festival budaya selama 15 hari di lokasi. Event 2 tahunan sekali ini bernama Irau Malinau, berlangsung dari tanggal 15 Oktober - 27 Oktober 2014. Irau Malinau digelar bertepatan dengan HUT Kabupaten Malinau Kaltara, 26 Oktober.

Selama 12 hari berturut-turut, ada pertunjukan budaya dari berbagai adat dayak dan paguyuban yang ada di Malinau. Tercatat ada beberapa suku dayak yang mengisi atraksi budaya. Seperti Dayak Lundayeh, Dayak Kenyah, Dayak Kayan, Dayak Punan, Dayak Abai, Dayak Tahol, Dayak Tingalan, Dayak Berusu, Dayak Punan, Dayak Sa'ben, adat Tidung, dan adat Bulungan. Terdapat pula paguyuban paguyuban yang ada di Malinau seperti Etnis TIonghoa, Paguyuban Keluarga Jawa, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), Bubuhan Banjar, dan NTB dan KK NTT. Bisa dikatakan, ini adalah event budaya termeriah yang ada di Kalimantan.

Berkat dukungan dari Pemkab Malinau Bapak Bupati DR. Yansen TP dan Kodim 0910 dengan Dandim Letkol Inf Agus Bhakti, team dari Fotografer.net dipimpin oleh Bang Kristupa dan Komunitas Fotografi Malinau dapat mendokumentasikan beragam atraksi budaya selama Irau Malinau berlangsung.

Dan ini adalah cuplikan dari Irau Malinau 2014.


Malinau terletak di Kalimantan Utara. Untuk menuju Malinau, bisa menggunakan pesawat terbang direct dari Jakarta menuju Tarakan(Lion Air), lalu dari Tarakan bisa menggunakan Susi Air atau Kalstar yang masing-masing rute terbangnya 2 kali sehari.

***
Foto Satgas Kayan, anggota team dokumentasi Irau Malinau 2014






Comments

  1. budaya ini jangan sampai hilang, harus terus dilestarikan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts