Snapdragon Prosesor Andalan Smartphone


Pernah ngga sih kalau kita mau membeli smartphone, menanyakan prosesornya apa?

Sama dengan kita mau membeli komputer, hal pertama yang perlu diketahui adalah prosesornya apa. Prosesor itu ibaratnya adalah jantung dalam komputer tersebut. Yang mengatur ritme segala aktifitas dari komputer tersebut. Semakin cepat dan handal suatu prosesor, maka kemampuan komputer akan maksimal. Kita biasa menyebut istilah ini dengan komputernya cepat, ngga lemot.

Begitu juga dengan smartphone, di dalamnya terdapat prosesor sebagai jantung dari aktifitas yang kita lakukan dengan smartphone tersebut. Smartphone sekarang, biasanya sering kita gunakan untuk bermain game, memotret, edit foto, mengambil video dan mengeditnya. Memutar film dan musik. Melihat peta GPS dan akses data lainnya. Berbagai aktifitas inilah yang menjadi poin penting bagi kita pengguna untuk mengetahui  prosesor di dalam smartphone tersebut.

Gw sendiri untuk memilih sebuah smartphone, hal pertama bukanlah merk smartphonenya apa, tetapi spesifikasi di dalamnya. Seumpamanya seperti ini, kalau gw hanya punya budget terbatas, kira-kira dengan budget yang ada, spesifikasi  terbaik smartphone yang mana yang bisa gw dapatkan. Jadi, sesekali jadilah pembeli yang cerdas. Jangan selalu melihat merknya apa, tetapi lihatlah kebutuhannya apa lalu disesuaikan.

Contoh, gw suka fotografi. Suka traveling. Suka merekam video. Suka edit-edit foto langsung di smartphone. Nah, untuk kebutuhan ini yang gw perlukan adalah smartphone dengan prosesor yang cepat dan ram yang besar. Kenapa? Karena itu tadi, prosesor yang cepat dan handal bisa membuat aktifitas gw lancar. Memotret bisa autofocus dengan cepat. Prosesor yang pintar mampu menghemat baterai sehingga ketika traveling tidak repot bolak balik mengisi daya. Edit foto atau video hasilnya bisa maksimal, ngga lemot jika menggunakan resolusi tinggi.



Di antara sekian banyak produsen prosesor smartphone, yang gw ingat hanya Snapdragon dari Qualcomm. Sudah terbukti kehandalannya. Qualcomm Snapdragon digunakan oleh mayoritas merek ponsel terbaik di dunia. Ponsel seperti Oppo N3 (Snapdragon 801) memiliki koneksi tercepat, kinerja terbaik, daya tahan baterai terbaik, dan terbaru dalam multimedia dan kamera fitur. 

Beberapa perkembangan teknologi yang gw tau belakangan ini dari prosesor Snapdragon:
  • Bisa digunakan untuk koneksi cepat 4G/LTE.
  • Dapat mendukung kamera ponsel yang paling kuat dengan teknologi khusus untuk memungkinkan lebih banyak megapixel, autofocus lebih cepat, dan terbaik dalam fotografi cahaya rendah.
  • Dapat menampung 4K Video.
  • Memberikan suara berkualitas bioskop untuk video dan musik.
Yap, postingan singkat kali ini tentang prosesor di dalam sebuah smartphone. Intinya, ketika mau membeli smartphone, lo harus tau jantungnya itu smartphone apa. Prosesornya. Jangan hanya termakan iklan atau merk terkenal dan mahal saja.

*nemu video ini di Youtubenya Qualcomm. Lihat deh


Comments

  1. Waah.. pertanyaan yang sama, kalo ada smartphone yang baru dan berniat untuk ganti.. hal yang paling utama saya pertimbangkan adalah prosesornya apa haha.. meskipun sekarang saya masih pake snapdragon 400, semoga kalo ada rejeki bisa upgrade ke snapdragon 801 :D

    ReplyDelete
  2. betul, intinya kalo mau beli hape diliat dulu speknya bagus apa ngga

    ReplyDelete

Post a Comment