Marcomm detikcom x cnnindonesia.com

Marcomm detikcom x cnnindonesia.com yg terdiri dari Creative Event, Creative Digital, Creative Promo & Relationship.


Cerita singkat tentang kesibukan gue selama tahun 2016 kemarin. Yang menjadi fokus utama adalah kerjaan di kantor.

Tantangan tahun lalu di tim gw di Marcomm detik.com dan CNNIndonesia.com, pertama adalah traffic dari Social. Sebagai media online nomor satu(detikcom) dan brand dengan nama besar(cnnindonesia.com), pengunjung yang mengakses dari social masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan Direct, Search dan Referral. Selain itu juga, baru tahun 2016 ini tugas Marcomm benar-benar secara spesifik kebagian untuk mendatangkan pengunjung dari Social.


Berbagai cara dilakukan oleh tim Creative Digital. Pertama mencoba untuk meningkatkan Page Likes Facebook. Di akhir tahun 2015, Marcomm kala itu beranggapan bahwa dengan page likes tinggi, akan berdampak ke traffic dan engagement. Cara ini telah dicoba beberapa bulan untuk mendapatkan hasil yang akurat, dan ternyata cara itu tidak tepat. Segera akhirnya di pertengahan tahun, kita sudah menemukan cara dan formula yang lebih baik untuk melampaui tujuan Marcomm. Dari cara ini, growth pengunjung setiap bulan naik rata-rata di atas 20% hingga di penghujung 2016. Bandingkan dengan sebelumnya yang hanya 8% pada Januari 2016. 

Syuting bersama 20detik



Yang kedua adalah branding. 

Tantangannya adalah generasi millenial. Mereka ini bukanlah pembaca loyal dari detikcom dan cnnindonesia.com. Memang dari konten belum cukup terwakili secara general. Tetapi mereka inilah nantinya yang akan menjadi pembaca detikcom dan cnnindonesia.com. Jika tidak dikenalkan sejak dini, jangan harap di waktunya nanti mereka mengenal detikcom dan cnnindonesia.com. Ini adalah tugasnya tim Creative Promo. Mereka bekerja keras membuat ‘packaging promo’ menarik untuk pembaca. Membuat visual yang lebih menarik, lebih interaktif dan kekinian. 

Adalah tantangan di 2016, ketika di awal Q2 diputuskan untuk memegang 2 brand yang memiliki keunikan masing-masing ini. Selain itu juga seperti yang sudah diketahui bersama, ada pergeseran posisi di management yang sempat membuat hangat rekan-rekan di internal. Untung saja, kekompakan dan kesolidan dari internal, membuat kami semua bisa tetap bertahan dan mengalami growth hingga akhir tahun 2016.

Tahun 2017 masih panjang. Akan ada banyak perubahan jika dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Kejutan-kejutan baru yang selalu kami coba hadirkan. Apa saja itu, tunggu tanggal mainnya ;)


Comments

  1. Eh tapi emang bener ya, biasanya langsung otomatis ke detik.com hehe.

    ReplyDelete
  2. Kurang porto produk-produk detik yang kekinian nih hihihi~
    *pengguna detik yang loyal

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts